search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Nongan Village Festival III, Putri Koster Akan Baca Puisi Diiringi Tari Cak
Senin, 24 Desember 2018, 10:19 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com,Denpasar. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ni Putu Putri Suastini Koster mendukung ajang Nongan Village Festival (NVF) ke-3 dan pada kegiatan itu akan hadir juga dengan membaca puisi yang dikolaborasikan atau diiringi tari cak khas Desa Nongan. 
 
[pilihan-redaksi]
Hal ini terungkap saat prajuru dan tokoh masyarakat Desa Pakraman Nongan serta Panitia NVF III audiensi dengan Putri Suastini Koster di Jayasabha Denpasar, Minggu (23/12). Lebih kanjut ia menharapakan NVF ke-3 sebagai ajang kreatif dan pelestarian seni dan budaya. "Saya mendukung kegiatan "Nongan Village Festival (NVF) III" di desa tersebut," ujarnya.
 
Ia juga mengharapkan ajang NVF tersebut mampu menampilkan seni dan budaya yang selama ini mulai ditinggalkan generasi muda. Langkah tersebut sebagai pelestarian budaya. 
 
"Saya berharap kegiatan ini akan mampu melestarikan seni budaya masyarakat. Sebab dengan di masing-masing desa maupun kabupaten/kota di Bali melakukan kegiatan tersebut maka budaya yang selama ini ditinggal warga setempat bisa bangkit lagi. Sebab embrio budaya di Pulau Dewata berasal dari masyarakat yang tersebar di pelosok desa Bali," ucapnya.
 
Sementara itu, Penyarikan (Sekretaris) Desa Pakraman Nongan Made Geriya yang didampingi Bendesa Nongan I Gusti Ngurah Wiryanata dan Prebekel Nongan Wayan Daging mengatakan ajang budaya yang dikemas lewat NVF tahun 2019 adalah yang ketiga kalinya.Kegiatan ini sepenuhnya digerakkan oleh generasi muda di desa setempat.
 
[pilihan-redaksi2]
"Ajang ini sepenuhnya digerakkan anak-anak muda Desa Nongan. Kami sebagai prajuru sepenuhnya mendukung kegiatan itu agar dapat melestarikan seni budaya di tengah kemajuan teknologi serta pesatnya perkembangan pariwisata Bali," ujarnya.
 
Seorang sastrawan dan seniman Nongan Dewa Putu Sahadewa mengatakan saatnya membangkitkan seni budaya Desa Nongan. Sebab banyak lahir seniman-seniman muda dari pedesaan. Dan hal itu ada di Desa Nongan.
 
"Melalui ajang NVF inilah saatnya membangkitkan potensi seni budaya Desa Nongan. Karena dengan kegiatan ini semua generasi muda akan bergerak tampil dalam sebuah kegiatan yang sudah memasuki tahun ketiga," ujar Sahadewa yang juga pemain "Drama Klasik" bersama Putri Suastini Koster yang ditayangkan TVRI Denpasar tempo dulu. (bbn/rls/rob)

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami