search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Kuningan, Pembayaran Gaji PNS di Karangasem Terancam Molor
Rabu, 2 Januari 2019, 14:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Menjelang hari raya Kuningan, para Pejabat dan PNS di Kabupaten Karangasem dipastikan telat menerima gaji bulan Januari 2019.

Hal ini disebutkan I Nengah Mendra, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karangasem, Rabu (02/01). Menurutnya, ada beberapa alasan penyebab keterlambatan pencairan gaji tersebut seperti APBD tahun 2019 yang baru ditetapkan pada 31 Desember 2018.
 
Selain itu, penyebab keterlambatannya juga dikarenakan perubahan sistem dimana sebelumnya bisa cair diawal bulan lantaran sistemnya masih manual sedangkan di tahun 2019 pemerintah dituntut untuk menggunakan siatem informasi keuangan daerah (SIMDA). 
 
Ketika menggunakan SIMDA, seluruh Pejabat, PNS dan OPD harus melakukan verifikasi. Setelah diverifikasi selanjutnya Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) akan diunggah ke dalam SIMDA. Untuk prosesnya sendiri, Mendra mengaku sudah berusaha secepat mungkin bahkan hingga lembur.
 
"Hari ini sedang berlangsung verifikasi yang terpusatkan di kantor Bapelitbangda. Verifikasi akan berlangsung sampai esok hari," kata Mendra.
 
 
Setelah verifikasi selesai dilakukan dan DPA sudah terunggah di SIMDA barulah gaji bisa cair hanya saja lantaran tanggal 5 dan 6 mendatang hari libur maka pencairannya kemungkinan bisa dilakukan pada tanggal 7 Januari 2019 itu pun jika tidak ada halangan. "Astungkare tanggal 7 Januari semua sudah bisa cair," ujarnya.

Reporter: bbn/eng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami