search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ribuan Pengiring dari Seluruh Bali Ikuti Upacara Segara Kertih Mras Segara
Jumat, 11 Januari 2019, 19:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Ribuan pengiring yang berasal dari seluruh wilayah Bali tumpah ruah di sepanjang jalur menuju pesucian segara Pantai Amed, Desa Purwa Kerti, Kecamatan Abang, Karangasem untuk  mengikuti upacara Karya Segara Kertih Mras Segara Bhatara  Melasti pada Jumat (11/1).
 
Upacara Karya Segara Kertih Mras Segara Bhatara Melasti ini merupakan rangkaian dari upacara Panca Bali Krama di Pura Lempuyang yang puncaknya akan berlangsung pada 20 Januari 2019 mendatang.
 
Jero Mangku Roma salah satu Pemangku pengayah di Pura Penataran Purwayu Lempuyang menjelaskan, upacara ini rutin dilaksanakan setiap 10 tahun sekali pada saat dilaksanakannya karya panca bali krama sebagai simbol penyucian pra linggal sesuhunan.
 
Dalam upacara ini, di sepanjang jalan yang akan dilalui terlebih dahulu diawali dengan dipercikannya tirta. Sekitar pukul 12.00 wita iring-iringan ida Bhatara tiba di lokasi pesucian Segara Amed.
 
Sebelum tiba di Segara, ketika iring iringan tiba di wilayah Mangsul, ratusan pengiring menanti di sepanjang jalan. Kemudian memasuki wilayah Desa Kertamandala ratusan pengiring juga sudah menanti. 
 
Hal serupa juga terlihat ketika memasuki Desa Kebon, Culik hingga Desa Purwa Kerti. Begitu memasuki areal Pantai, para pengiring yang diperkirakan mencapai belasan ribu ini menjadikan pantai Amed seperti lautan manusia.
 
 
Sementara itu, setelah prosesi dan ritual selesai dilaksanakan Ida Sesuhunan kemudian katuran mantuk dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan oleh panitia.

Reporter: bbn/eng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami