search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wabup Suiasa Hadiri Upacara Nangluk Merana dan Mepekelem di Pura Petitenget
Rabu, 20 Februari 2019, 17:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Badung. Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri upacara Nangluk merana dan mepekelem di Pura Mas Ceti Ulun Tanjung Petitenget, Selasa (18/2). 
 
[pilihan-redaksi]
Upacara yang rutin dilaksanakan setiap Purnama Ke Sanga ini dipuput oleh oleh Ida Pedanda Sakti Griya Telabah Banjar Batu Bidag Kerobokan Kuta Utara. Hadir dalam kesempatan tersebut ketua DPRD Putu Parwarta, Anggota DPRD Ida Bagus Sunarta, Kepala Dinas Kearsipan Nyonya Kristiani Suiasa, Badan Pendapatan Daerah Pesedahan Agung Kabupaten Badung I Made Sutama, Camat Kuta Utara yang diwakili Sekcam Kuta Utara Putu Eka Parmana, Lurah Kerobokan Kelod I Made Wistawan dan seluruh kelian subak se- Badung.
 
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan, pelaksanaan upacara nangluk merana yang dilaksanakan oleh Desa Adat Kerobokan di Pura Mas Ceti Ulun Tanjung Petitenget ini merupakan upacara ini untuk merastitikan jagat Badung khususnya dan dan Bali umumnya..” Adapun filosofi dari pada upacara nangluk merana ini adalah kita bersama – sama  memohon kepada Iada Sang Hyang Widhi atau Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa selamat serta terhindar dari marabahaya,” ungkap Suiasa.
 
Lebih lanjut dikatakan dengan upacara Nangluk ini masyarakat seperti petani yang mengandalkan kehidupannya dari pertanian itu dapat terhindar dari gangguan-gangguan yang dapat membawa kehancuran ataupun penyakit pada tanaman sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan.
 
Dalam acara tersebut Wabup Suiasa ikut melaksanakan persembahyangan bersama dengan seluruh pekaseh se-Kabupaten Badung di Pura Mas Ceti Ulun Tanjung Petitenget serta ikut melalukan  proses mulang pekelem di pantai petitenget. (bbn/humasbadung/rob)

Reporter: Humas Badung



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami