search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sektor Penjualan Eceran di Bali Triwulan I Mengalami Kontraksi
Rabu, 20 Maret 2019, 14:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Pada sektor penjualan eceran, sesuai dengan pola musimannya, hasil survei penjualan eceran sampai dengan Februari 2019 menunjukkan indikasi kontraksi kinerja usaha lapangan usaha perdagangan triwulan I 2019 dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.
 
[pilihan-redaksi]
Berdasarkan survei Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali tentang survei penjualan eceran pada Januari 2019 nilai total penjualan mengalami kontraksi (-2,48%,mtm), turun dibanding Desember 2018 yang tumbuh positif 4,52% (mtm). Kondisi ini diperkirakan masih berlanjut pada Februari 2019 dengan angka pertumbuhan sebesar -2,15% (mtm).
 
Namun demikian, ekspetasi penjualan pada 3 dan enam bulan yang akan datang tercatat meningkat dan masih berada pada level optimis (>100). Indeks ekspetasi total penjualan 3 dan 6 bulan mendatang masing-masing tercatat sebesar 145 poin dan 153 poin pada Januari 2019.
 
Perkiraan perubahan harga secara umum 3 dan 6 bulan yang akan datang meningkat, ditunjukkan oleh indeks ekspetasi yang sebesar 178 dan 179 pada Januari 2019. Adanya tendensi peningkatan ini diperkirakan terjadi karena pengaruh hari raya keagamaan antara lain Hari Raya Nyepi di bulan Maret 2019 (perkiraan 3 bulan yang akan datang) serta Hari Raya Idul Fitri di bulan Juni 2019 (perkiraan 6 bulan yang akan datang). (bbn/rls/rob)

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami