search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pertama di Bali: Pasien Check-In di Rumah Sakit Ganesha Layaknya di Bandara
Kamis, 10 Oktober 2019, 09:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Revolusi industri 4.0 saat ini sudah memasuki berbagai lini pelayanan publik, tidak terkecuali di bidang kesehatan. Dengan penerapan industri 4.0 (cloud computing, big data, AI) pada bidang kesehatan akan mendorong pelayanan terhadap pasien akan lebih efisen dan mudah. Untuk mewujudkan inovasi tersebut maka Rumah Sakit Ganesha bekerja sama dengan PT.ISN yang merupakan anak perusahaan dari Bamboomedia untuk menerapkan sebuah Pilot Project dengan aplikasi mobile bernama SpeedQ.

Berdasarkan penelitian, masalah semua Rumah Sakit relatif sama yaitu waktu total pasien dalam proses layanan mencapai 2,5 - 5 jam. Pasien datang bersamaan dan menumpuk di ruang tunggu pada pagi hari dan baru mendapatkan nomor Antrian. 

Dengan solusi SpeedQ yang berbasis Smartphone ini, di Front Office cukup ada Kiosk Android dengan QRCode layaknya Check-In di Bandara, pasien dan dokter pun menggunakan aplikasi yang saling terhubung, dimana data sepenuhnya dalam sistem cloud.

Direktur PT.ISN I Wayan Satya Dharmawan yang ditemui bersama Direktur Rumah Sakit Ganseha Chandra Purnama H. M.Kes saat sosialisasi kepada pasien memaparkan bahwa solusi SpeedQ sangat memudahkan pasien, dokter dan staf Rumah Sakit dalam memberi pelayanan. 

Ruang tunggu dan parkir tidak lagi crowded karena bisa reservasi dari rumah dan aplikasi SpeedQ memberikan estimasi waktu panggilan pasien sehingga pasien akan datang sesuai waktunya. Manajemen Rumah Sakit juga mendapatkan data dari semua proses yang direkam dalam sistem ini.

"Solusi SpeedQ yang kami tawarkan ini dapat membantu Praktek Dokter, Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit untuk melayani Pasien secara lebih baik di era Milenial ini. Implementasi nya mudah karena memanfaatkan perangkat yang sudah ada baik Kiosk, Registrasi, LED TV, Audio, Smartphone Dokter/Asisten dan juga Smartphone Pasien," tambah pria yang berusia 27 tahun ini.

Kedepan Bamboomedia membuka peluang kerjasama sejenis dengan Klinik atau Rumah Sakit lain agar kualitas pelayanan rumah sakit diseluruh Bali dapat ditingkatkan. Untuk mewujudkan itu Bamboomedia menyediakan demo unit yang bisa dilihat dikantor Bamboomedia di jalan Merdeka No 45, Renon (WA:08123690511), dengan contoh implementasi di RSU Ganesha di Kabupaten Gianyar ini diharapkan Smart Island Bali bisa dimulai dari Smart HealthCare.

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami