search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sinergi K3S dan Pemkot Denpasar Bangun Rumah Kreativitas Disabilitas
Selasa, 17 Desember 2019, 16:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ruang kreatifitas terbuka lebar bagi Disabilitas di Kota Denpasar yang dirangkul bersinergi dengan Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar. 

Sinergi ini tentu melihat kemampuan Disabilitas dengan kreatifitas yang dimiliki. Tidak saja mampu berkreativitas dalam bernyanyi, bermain musik, hingga kemampuan mereka membuka peluang bisnis. 

Hal tersebut terungkap dalam rapat penguatan Rumah Kreatif bagi Disabilitas yang dipimpin Ketua K3S Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra bersama Kepala Dinas Sosial Made Mertajaya, Senin (16/12) di kediaman Walikota Denpasar.

“Rumah kreatif Disabilitas telah berjalan dengan baik dengan merangkul kreativitas Disabilitas dari berbagai bidang yang mereka geluti masing masing, dari kuliner, bermain music hingga desainer,” ujar Ny. Selly. 

Rumah kreativitas ini berlokasi dalam satu Gedung Rumah Pintar Denpasar di Jalan Kamboja Denpasar. sebagai lokasi pendidikan dengan keberadaan sekolah-sekolah di seklilingnya hingga saat ini banyak dimanfaatkan siswa sekolah maupun masyarakat umum menikmati kuliner hingga workshop yang dilakukan oleh Disabilitas. 

Ny. Selly Mantra menjelaskan kami melihat potensi para Disabilitas yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Sehingga kami bersama Pemkot Denpasar memiliki kewajiban dalam merangkul kreativitas mereka dalam sebuah wadah atau tempat nyaman dan ramah bagi mereka (Disabilitas) dalam mencurahkan kreativitasnya. 

Disabilitas Tuna Netra mereka mampu bernyanyi dan bermain musik, ada juga yang menggeluti kreativitas kuliner dan merangkai bunga. Hal ini juga telah kami rangkul serta dapat dijumpai di Gedung Rumah Pintar tersebut. 

Disamping itu para penyandang Disabilitas Tuli dapat dijumpai masyarakat di Rumah Pintar yang memiliki usaha kuliner. 

“Makanan yang dijual sangat enak, dan ini menjadi daya tarik kita disamping mendukung juga meningkatkan rasa empati kita bersama mendukung dan melihat kemampuan mereka,” ujar Ny. Selly. 

Beberapa workshop juga rutin digelar di tempat tersebut, seperti workshop desain pakain yang dilakukan salah satu disabilitas di Kota Denpasar. 

“Dalam waktu dekat ini kita akan lakukan launching bersama dan memberikan penamaan pada ruang kreativitas disabilitas ini sehingga mampu menjadikan tempat ini berdaya bersama,” ujar Ny. Selly.

Sementara Kadis Sosial Denpasar, Made Mertajaya mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan launching rumah kreativitas bagi Disabilitas ini. Hal ini juga atas arahan Walikota Denpasar, Rai Mantra dan Wakil Walikota Jaya Negara dalam memberikan ruang kepada Disabilitas Denpasar untuk terus berkreativitas. 

Dalam rumah kreatif ini nantinya para disabilitas dapat melakukan berbagai peningkatan kreativitas yang kita dukung bersama dari OPD terkait. Disamping itu juga Ketua K3S Denpasar, Ny. Selly Mantra yang telah rutin menggelar pelatihan bagi Disabilitas dapat dirangkul dalam satu ruangan ini nantinya, serta tempat ini telah didesain yang sangat nyaman dan ramah bagi sahabat Disabilitas. 
 

Reporter: Humas Denpasar



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami