search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sekaa Gender Anak Kecamatan Abang Bakal Wakili Karangasem di PKB
Kamis, 16 Januari 2020, 13:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Anak-anak penabuh gambelan gender dari Kecamatan Abang berlatih keras sebelum pentas mewakili Kabupaten Karangasem dalam pesta kesenian Bali (PKB) yang akan berlangsung pada bulan Juni 2020 mendatang.

[pilihan-redaksi]
Kemampuan menabuh anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah ini terus diasah dan dimatangkan terutama dalam menghafal tiga jenis tabuh gender yang akan dipentaskan.

Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Karangasem, I Nyoman Japa dikonfirmasi pada Rabu (15/01/2020) menuturkan, ada tiga jenis tabuh gender salah satunya adalah tabuh Sekar Ginaton yang akan ditampilkan dipanggung PKB.

"Kami rencananya membawakan tiga tabuh dan mempersiapkan lima orang penabuh anak-anak, satu diantaranya dijadikan cadangan karena penabuh gender hanya berjumlah 4 orang," ujarnyaMeski memiliki waktu yang cukup lama, namun pihaknya merasa getir, pasalnya anak - anak penabuh ada yang masih SD dan SMP sehingga ada kendala saat mengatur jadwal latihannya.

Dewa Wid selaku pelatih tabuh gender anak-anak sepakat latihan sebelum tampil di PKB memang harus benar-benar dimatangkan baik dari segi tehnik, penghafalan, ekspresi maupun gerak termasuk mental penabuh.

"Mental anak - ank ini harus dimatangkan agar pada saat  menabuh bisa percaya diri. Kita arahkan terus dengan penuh kesabaran karena mendidik generasi muda sebagai penabuh gender saat ini cukup sulit," ungkapnya.

Bagi Dewa Wid, sebagai pembimbing dirinya juga dituntut agar mampu mempelajari dan mengetahui karakter-karakter masing-masing anak tersebut dengan harapan mereka tidak cepat bosan.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami