search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pohon Beringin Keramat Berusia Ratusan Tahun Tumbang Timpa Bangunan Pura
Selasa, 3 Maret 2020, 21:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Pohon beringin berusia ratusan tahun roboh dan menimpa sejumlah bangunan Pura di wilayah Banjar Dinas Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem pada Selasa (03/03/2020).

[pilihan-redaksi]
Berdasarkan penuturan warga setempat, pohon beringin tersebut sangat dijaga dan dikeramatkan keberadaanya secara turun temurun. Bahkan, pohon ini konon telah diupacari layaknya manusia seperti upacara tiga bulanan dan otonan. 

"Cerita orang tua, pohon Beringin ini telah melalui sejumlah upakara selayaknya manusia, karena itu dahannya sengaja tidak dipangkas karena daunnya kerap kali dilungsur (digunakan-red) untuk sarana upakara setiap kali ada upacara besar," terang Wayan Agus Adi Putra selaku salah satu Prajuru di Pura Desa Setempat.

Sebelumnya, pernah ada yang berinisiatif untuk memangkas ranting-ranting ohon tersebut, namun yang terjadi justru warga bersangkutan malah kena musibah usai melakukan pemangkasan sampai menggelar upaka di areal pohon tersebut.

Di satu sisi, Kepala Wilayah Dusun Sega, I Komang Kari mengatakan, pohon beringin tersebut roboh menimpa beberapa bangunan yang ada di Pura Pasemetonan Arya Wang Bang Pinatih.

"Kemungkinan pohon tumbang karena faktor cuaca yang mengakibatkan tanah di sekitar pohon menjadi labil," tandasnya.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami