search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pelinggih Padmasari Pantai Siyut Ambruk Disapu Arus Loloan
Minggu, 11 Oktober 2020, 17:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Derasnya aliran arus loloan menyebabkan sebuah pelinggih Padmasari di sisi timur Pantai Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar ambruk pada Sabtu (10/10). Sebelum menumbangkan pelinggih, senderan pantai terlebih dahulu tersapu ke perairan. 

Kepala Desa Tulikup, I Made Ardika dikonfirmasi Minggu (11/10) membenarkan bahwa senderan yang berada di perbatasan antara Pantai Siyut dengan Pantai Tegal Besar, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ambruk. 

"Benar, posisi senderan yang ambruk tersebut berada di sebelah timur Pantai Siyut. Berbatasan juga dengan Pantai Tegal Besar," ujarnya. 

Made Ardika mengatakan bahwa pelinggih Padmasari yang dibangun oleh Desa Tulikup juga ikut ambruk. "Ada satu palinggih yang dibangun oleh Desa di sekitar senderan itu juga ikut ambruk," ujarnya. 

Penyebab ambruknya senderan serta pelinggih tersebut dikatakan karena debit air di muara sungai atau loloan cukup besar. "Karena hujan debit air cukup besar, senderan tersebut mungkin tidak cukup kuat menahan debit air yang cukup besar hingga ambruk," katanya. 

Pihaknya pun mengatakan akan segera melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Kabupaten Gianyar, "Senin besok kami akan laporkan ke BPBD," ucapnya. 

Selain ambruknya senderan tersebut, dikatakan tidak ada lagi kerusakan yang terjadi di wilayah Pantai Siyut. "Kalau di wewidangan (wilayah) kami hanya itu saja, tapi di sebelah timurnya yakni di Pantai Tegal Besar ada akses jalan yang jebol. Tapi itu bukan wewidangan kami," ujarnya.

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami