search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Aktivitas Gunung Merapi Pengaruhi Gunung Agung? Ini Kata PVMBG
Kamis, 12 November 2020, 09:50 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Status Gunung Merapi di Pulau Jawa naik dari level II waspada menjadi level III Siaga pada 5 November 2020 lalu.

Dengan dinaikkannya level status aktivitas Gunung yang berada di Pulau Jawa tersebut ke level III Siaga menandakan bahwa aktivitas vulkanik di dalam tubuh gunung mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Lalu, apakah dengan meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi dapat berpengaruh terhadap aktivitas Gunung Agung di Karangasem, Bali dimana saat ini masih berada di level II Waspada?

Menurut Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dr. Devy Kamil Syahbana angkat suara ketika ditanya apakah ada pengaruhnya aktivitas Gunung Merapi terhadap aktivitas vulkanik Gunung Agung, pada Rabu (11/11/2020). 

Ia menegaskan bahwa aktivitas Gunung Merapi tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Agung karena satu gunung api dengan gunung api yang lainnya memiliki dapur magma yang berbeda.

"Jawabannya tidak berpengaruh terhadap aktivitas gunung api yang lainnya, karena satu gunung api dengan gunung api yang lainnya memiliki dapur magma yang berbeda," jelas Devy Kamil.

Sementara itu, saat ini aktivitas Gunung Agung bisa dikatakan masih stabil, dimana berdasarkan rilis magmavar aktivitas Gunung Agung per tanggal 11/11/2020, pantauan selama 24 jam terakhir alat seismik hanya merekam satu kali gempa tektonik jauh.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami