search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BMKG: Hampir Semua Wilayah Termasuk Bali Berpotensi Gempa dan Tsunami
Jumat, 22 Januari 2021, 19:55 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Sub Koordinator Bidang Pengumpulan dan Penyebaran Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Dwi Hartanto menyebut hampir semua wilayah di Indonesia terutama sebelah barat Sumatera, Selatan Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara hingga laut Maluku mempunyai potensi gempa besar yang menimbulkan tsunami. 

Lebih lanjut dikatakan, jika dilihat peta Buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia (Pusgen) 2017, di wilayah selatan Bali terdapat segmen-segmen gempa dengan magnitudo bervariasi dari mulai 8.5 sampai dengan 8.7. 

Maka dari itu, ia mengimbau untuk meningkatkan mitigasi kesiapsiagaan masyarakat maupun pemerintah bilamana gempa tersebut terjadi, karena sampai sekarang tidak bisa memprediksi gempa-gempa tersebut akan muncul.

"Kondisi cuaca saat ini tidak ada hubungannya dengan gempa, karena bulan Januari sampai Februari memang merupakan puncak musim hujan," jelasnya, saat dikonfirmasi, Jumat (22/1) di Denpasar.

Dalam hal ini, pihaknya berharap kepada masyarakat, agar selalu waspada terhadap gempa dan tsunami yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu karena sampai saat ini gempa bumi tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. 

"Masyarakat jangan sampai termakan isu-isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya terkait dengan isu gempa bumi dan tsunami tersebut," ujarnya.

Masyarakat, kata dia, perlu meningkatkan mitigasi pada sebelum, saat, dan sesudah gempa bumi dan tsunami terjadi. Ia mengimbau masyarakat bisa melihat atau bertanya ke kantor BMKG terdekat, atau bisa melihat langsung situs BMKG. 

"Guna mengetahui hal tersebut masyarakat bisa mendownload aplikasi info BMKG di playstore," tutupnya.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami