search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
4 Pantangan Yang Harus Dihindari Saat Masa Menstruasi
Rabu, 31 Maret 2021, 08:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/4 Pantangan Yang Harus Dihindari Saat Masa Menstruasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Setiap bulan, perempuan pada usia subur akan mengalami menstruasi atau haid selama sekitar 7 hingga 14 hari. Pada umumnya, perempuan sudah hafal akan gejala yang terjadi apabila sudah menjelang masa menstruasi.

Namun, meskipun demikian masih banyak perempuan yang melakukan kesalahan saat menstruasi sehingga berdampak negatif bagi kesehatan. Nah, supaya momen menstruasi tidak terasa semakin berat, berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan selama masa menstruasi.

1. Menggunakan produk beraroma

Banyak perempuan yang mengkhawatirkan adanya bau tidak sedap ketika sedang haid. Meskipun demikian, sebaiknya hindari terlebih dahulu untuk menggunakan produk beraroma atau yang mengandung pewangi.

Sebab, tambahan pewangi tersebut malah beresiko dapat menyebabkan iritasi, infeksi bakteri atau jamur, hingga dapat melepaskan bahan kimia berbahaya.

2. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan

Kafein dalam kopi ternyata dapat membuatmu dehidrasi dan malah akan memperburuk masalah yang terjadi, terutama sakit kepala. Sebaiknya, kurangi konsumsi kopi maupun teh selama masa haid untuk mengurangi insomnia, kecemasan, dan ketegangan.

3. Tidak mengganti pembalut dalam waktu lama

Penggunaan pembalut yang terlalu lama bsia menyebabkan timbulnya iritasi serius pada vulva, sehingga akan timbul masalah kulit jangka panjang. Oleh sebab itu, gantilah pembalut setiap 6 jam sekali sepanjang hari.

4. Tidak meningkatkan asupan zat besi

Saat sedang menstruasi, perempuan akan kehilangan 5 sampai 12 sendok teh darah setiap siklusnya, hal ini tentu menyebabkan suplai zat besi berkurang. Namun, ternyata penyerapan zat besi dalam tubuh bisa meningkat hampir tiga kali lipat setiap harinya saat masa haid.

Itulah beberapa pantangan yang sebaiknya jangan dilakukan ketika haid atau menstruasi datang.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami