search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BI Tetap Pertahankan Suku Bunga Deposit dan "Lending Facility"
Senin, 26 April 2021, 22:30 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Saat ini Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga kebijakan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada angka 3,50%. Suku bunga Deposit Facility dan suku bunga Lending Facility juga dipertahankan pada 2,75% dan 4,25%.

Keputusan tersebut disebut sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dari dampak masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global, meskipun prakiraan inflasi tetap rendah. Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho di Sanur, Denpasar, Senin (26/4).

"Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional lebih lanjut, Bank Indonesia mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran," jelasnya.

Disamping kebijakan suku bunga, Bank Indonesia juga mengambil beberapa langkah kebijakan mulai dari, memperkuat kebijakan nilai tukar Rupiah dengan tetap berada di pasar melalui triple intervention. Melanjutkan penguatan strategi operasi moneter untuk mendukung stance kebijakan moneter akomodatif. 

"Dalam hal ini juga ikut meningkatkan penggunaan instrument Sukuk Bank Indonesia (SukBI) pada tenor 1 minggu sampai dengan 12 bulan dalam rangka memperkuat operasi moneter syariah dan melanjutkan kebijakan makroprudensial akomodatif," bebernya.

Dirinya menambahkan, BI juga memperkuat transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan secara lebih rinci, serta melanjutkan koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dalam mendorong percepatan transmisi kebijakan moneter kepada suku bunga kredit perbankan dan meningkatkan kredit atau pembiayaan kepada dunia usaha.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami