search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Fenomena Alam Puting Beliung di Pantai Banyuwangi
Kamis, 17 Juni 2021, 11:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Viral Fenomena Alam Puting Beliung di Pantai Banyuwangi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beberapa hari terakhir sebuah video puting beliung di Pantai Banyuwangi viral di media sosial. Pusaran angin ini nampak sempurna pada sore tadi, Rabu (16/06/2021).

Video puting beliung ini tidak hanya satu. Banyak akun yang membagikan video pendek dari berbagai angle. Warganet pun gaduh mengomentari fenomena alam yang jarang terlihat tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi menyebutkan jika pusaran tersebut adalah fenomena waterspout atau yang dikenal dengan istilah belalai gajah. Fenomena ini merupakan kolom pusaran air yang tertarik masuk ke dasar awan. Biasanya berlangsung sekitar 10 hingga 20 menit.

Fenomena ini dikatakan memiliki daya rusak yang sama dengan puting beliung. Penyebabnya adalah awan hitam cumulonimbus yang memiliki kepadatan tinggi. Ditambah lagi tingginya suhu permukaan laut menyebabkan fenomena waterspout ini bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Fenomena ini biasa saja sebenarnya. Ketika ada awan dengan konsentrasi energi yang kuat maka akan tercipta pusaran angin tersebut. Yaitu sebuah kolom pusaran kuat yang menghisap air. Kalau sampai ke daratan bisa menyebabkan kerusakan," kata Dede Agus, Prakirawan BMKG Banyuwangi.

Di media sosial, komentar warganet pun beragam. Ada salah satu komentar yang menggelitik ditulis akun Facebook Imam Rooney yang mengomentari unggahan akun Rhiny DM.

"Awas menjauh, Vale sedang keluarin ultimate," tulis akun Facebook Imam Rooney.

Vale adalah satu nama karakter dari game Mobile Legend. Vale merupakan gambaran hero atau karakter dengan karakteristik penyihir/mage yang ahli mengendalikan angin. Vale sendiri memiliki 3 skill.

Setelah dilakukan update, Vale telah bertransformasi menjadi hero sakti yang laris manis menjadi pilihan player Mobile Legend. Pada skill pertama, Vale mampu mengeluarkan garis angin yang akan memberikan damage cukup besar.

Di skill keduanya, Vale akan melemparkan angin berwujud pusaran mirip tornado. Sedangkan skill pamungkasnya, Vale mengeluarkan pusaran angin besar dan akan meledak setelah beberapa detik.

"Semoga di jauhkan dari segala bencana semua teman sahabat dan keluarga Banyuwangi amin," tulis akun Luluk Sugeng di kolom komentar lainnya.

Fenomena pusaran angin tersebut dapat dilihat secara jelas dari beberapa tempat. Seperti dari pantai Marina Boom Banyuwangi dan pantai Cacalan.

Meski sejumlah warga sempat dibuat panik, berbanding terbalik, dari kejauhan sejumlah masyarakat justru terpukau dengan fenomena tersebut dan asik merekam dan bersantai.

"Puting beliung lur, aduh kena kapal-kapal nelayan. Waduh kapal bergeser," ucap salah satu perekam dalam video yang menunjukkan angin menghantam kapal nelayan.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami