search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Kain Khas Bali Cantik dan Unik
Kamis, 6 Januari 2022, 23:55 WITA Follow
image

bnn/RRI/5 Kain Khas Bali Cantik dan Unik

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kebudayaan Bali terus berkembang menjadi beragam karya seni yang cantik dan unik. Kain khas Bali adalah bentuk budaya yang merambah ke bidang fesyen.

Selain merepresentasikan kebudayaan kain khas Bali juga cantik dan unik ketika digunakan. Perpaduan seni yang ditunjukkan enak dipandang. Berikut 5 kain khas bali yang cantik nan unik.

1.    Kain Endek

Kain Endek cukup banyak digunakan di Bali. Motif dari kain endek pun sangat beragam, sehingga kain tersebut banyak digunakan menjadi seragam instansi daerah, seragam sekolah hingga kemeja.

2.    Kain Cepuk

Kain Cepuk berasal dari Nusa Penida. Kain ini memiliki daya tarik yang paling besar, karena dinilai punya motif yang lebih unik dari kebanyakan Kain lainnya. Cepuk sendiri memiliki arti kayu canging yang menjadi bahan utama dalam pembuatan kain.

3.    Kain Kling

Kain Kling punya ciri khas warna cerah. Kain Kling biasa digunakan hanya pada kesempatan tertentu, seperti upacara adat. Karena termasuk dalam golongan kain yang sakral.

4.    Kain Gringsing

Kain Gringsing memiliki proses pembuatan yang memakan waktu hingga 2-5 tahun setiap kainnya. Tak heran jika kain ini punya harga yang sangat tinggi di pasaran. Selain itu Kain Gringsing juga merupakan satu-satunya kain tenun tradisional yang menggunakan teknik ikat ganda.

5.    Kain Gendongan

Yang terakhir ada Kain Gendongan. Pembutannya melalui proses yang masih sangat tradisional, karena setiap helai benang dirapatkan dengan kayu sisir. Motif dari Kain Gedongan sangatlah cantik dengan beraneka warnanya. Kain Gedongan dibuat dengan alat tenun yang masih digerakkan dengan tangan.

Itulah sejumlah Kain Khas Bali Cantik Dan Unik. Produk Lokal yang tak kalah menarik perhatian. 

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami