search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sejarah Pie Susu, Oleh-oleh dari Bali
Sabtu, 8 Januari 2022, 21:15 WITA Follow
image

bbn/sweetrip.id/Sejarah Pie Susu, Oleh-oleh dari Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Pie Susu adalah salah satu makanan ringan yang kerap dibeli sebgai oleh-oleh dari Bali. Rasa manis yang khas dari makanan ini jadi ciri khas tersendiri. beritabali.com/tag/Makanan">Makanan mungil ini nyatanya memiliki sejarah yang cukup Panjang. Berikut sejumlah pembahasannya.

Pie susu diperkenalkan pada 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Pie susu diperkenalkan di berbagai kafe dan toko roti barat untuk bersaing dengan restoran dim sum, terutama yum cha. Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Lu Yu Teahouse memimpin bisnis dengan mini pie susunya.

Sebuah teori menyatakan bahwa pie susu yang berasal dari Hong Kong Sebenarnya mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris. Canton yang memiliki kontak dengan Inggris disebut-sebut sebagai awal mula proses adaptasi ini.

Terlebih sebagai negara jajahan Inggris, Hong Kong juga mengadopsi beberapa makanan Inggris, sehingga makin memperkuat teori pie susu yang berasal dari Inggris. Sementara itu teori lain menyatakan bahwa pie susu sangat mirip dengan kue asal Portugis. Kue ini dinamakan pastel de nata. Teorinya, kue ini hinggap di Hong Kong via koloni Portugis yang berada di Macau.

Dalam masakan Hong Kong modern, pis susu hadir dalam berbagai variasi seperti pie madu telur, pie putih telur, pie coklat, pie green tea, dan pie jahe. Semua jenis pie susu ini merupakan variasi dari pie susu tradisional yang disajikan di Tengs cha Chaan.

Pinggiran dari pie susu Hong Kong ini secara keseluruhan memiliki dua jenis, yakni shortcrust pastry atau puff pastry. Pembuatan pie susu Hong Kong ini lebih menggunakan lemak babi daripada shortening atau mentega.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami