search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Merawat Kulit Kering Dengan Cara yang Benar
Rabu, 12 Januari 2022, 20:15 WITA Follow
image

bbn/blibli.com/Merawat Kulit Kering Dengan Cara yang Benar

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kulit Kering adalah kondisi dimana kulit lebih cepat kehilangan kelembapannya. Bisa karena jenis kulit atau karena berada pada suhu atau keadan tertentu. Tentunya kondisi ini kadang tidak enak dilihat. Kulit kering ditandai dengan permukaan kulit yang kasar, pecah-pecah, dan mudah terkelupas. Berikut sejumlah cara untuk merawat kulit yang kering dengan benar.

1. Menggunakan Sabun yang berbahan lembut

Bila Anda mengalami kulit kering, hindari menggunakan sabun atau produk perawatan kulit lain yang berbahan keras, seperti parfum dan alkohol. Hal ini karena kandungan kimia di dalam produk tersebut bisa membuat kulit rusak dan iritasi, sehingga mudah kering. Pilihlah sabun berbahan lembut (mild soap) yang berbahan dasar minyak.

2.  Manggunakan Pelembab dan Sun screen

Penggunaan pelembap secara rutin sangat penting guna menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap dengan kandungan ceramide yang dapat meredakan kulit kering, serta asam hialuronat, gliserin, dan urea yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, pelembap dengan kandungan lanolin dan petroleum jelly juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Tak hanya pelembap, Anda juga dianjurkan untuk mengoleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 sebelum beraktivitas di luar ruangan

3. Hindari mandi dengan air bersuhu tinggi

Mandi air hangat diketahui dapat memberikan beragam manfaat untuk tubuh. Namun, air hangat juga dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Oleh karena itu, batasi mandi air hangat sekitar 5–10 menit saja. Setelah selesai mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk berbahan lembut dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Hindari menggosok handuk terlalu keras pada kulit, karena bisa membuat kulit semakin kering.

4. Lakukan perawatan di malam hari

Perawatan kulit tidak hanya dilakukan pada siang hari, tetapi juga pada malam hari sebelum Anda tidur. Untuk perawatan kulit wajah, Anda bisa menggunakan make up remover untuk menghilangkan sisa make up dan kotoran.

Untuk perawatan kulit tubuh, oleskan pelembap pada kulit sesaat setelah mandi. Lamanya tidur malam juga turut memberikan waktu yang lebih panjang bagi pelembap untuk lebih meresap ke kulit.

5. Eksfoliasi 

Hal ini bertujuan untuk mengangkat kulit mati. Dengan begitu, pelembap dapat meresap lebih baik. Lakukan eksfoliasi cukup satu kali seminggu saja, karena terlalu sering melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit iritasi.

Saat melakukan eksfoliasi, hindari produk scrub dengan bulir yang kasar. Cobalah scrub yang mengandung enzim papain, karena bahan tersebut lebih lembut dan aman digunakan untuk pengelupasan.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami