search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Profil Volodymyr Zelensky, Sarjana Hukum Berkarir dari Komedian
Minggu, 27 Februari 2022, 11:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Profil Volodymyr Zelensky, Sarjana Hukum Berkarir dari Komedian

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Nama Volodymyr Zelensky menjadi pemberitaan dunia di sepanjang pekan ini lantaran negaranya diinvasi oleh Rusia. Bahkan profil Volodymyr Zelensky pun dibanding-bandingkan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Ukraina saat ini mendapat banyak simpati dari dunia karena negaranya diserang oleh Rusia. Untuk mengenal lebih jauh tentangnya, simak berikut sekilas profil Volodymyr Zelensky yang dulunya dikenal sebagai komedian.

Target Utama Serangan Rusia

Melalui pidato singkat yang dirilis tepat setelah tengah malam Jumat di Ukraina, Zelensky mengatakan Rusia “ingin menghancurkan Ukraina secara politik dengan menjatuhkan kepala negara.”

"Saya tinggal di kantor pemerintah bersama dengan yang lain," kata Zelensky. “Musuh telah menetapkan saya sebagai target nomor satu, dan keluarga saya sebagai target nomor dua.”

Tiga jam sebelum pasukan Rusia menyerang Ukraina, Zelensky menyampaikan pesannya kepada orang-orang Rusia untuk berhenti dan mempertanyakan apa yang dilakukan negara mereka.

Zelensky menyerukan darurat militer dan tetap menentang ketika pasukan Rusia dan Belarusia menyerang Ukraina dalam invasi darat, udara dan laut yang terakhir dilihat sejak Perang Dunia II.

Volodymyr Zelensky lahir 25 Januari 1978 di Kryvyy Rih, Ukraina. Ia adalah aktor dan komedian yang terpilih sebagai presiden Ukraina pada tahun 2019.

Dalam laporannya, New York Times menyebut Volodymyr Zelensky adalah salah satu komedian TV paling populer di Ukraina. Kurang dari empat tahun, ia kini berubah jadi penguasa negeri itu.

Zelensky, sekarang 44 tahun, memenangkan pemilihan presiden dengan suara telak pada 2019 setelah sebagian besar kampanyenya diduga dibiayai oleh salah satu oligarki terkaya — dan paling korup — di Ukraina , Igor Kolomoisky.

Dalam skenario yang bahkan tak pernah diimpikan penulis acara lamanya, “Pelayan Rakyat” , Zelensky sekarang menjadi pemimpin di pusat perang baru di Eropa dan berisiko dibunuh saat Rusia meluncurkan serangan penuh. 

Yang mengejutkan, Zelensky yang dibesarkan di Ukraina tenggara dan berbahasa Rusia, bukanlah pemimpin yang buruk — bahkan sebelum invasi hari Kamis. 

Keluarga Volodymyr Zelensky

Berikut profil Volodymyr Zelensky terkait keluarganya yang dirangkum dari Britannica. Orang tua Zelensky adalah Yahudi di kota metropolitan industri Kryvyy Rih di Ukraina selatan. Ketika dia kecil, keluarganya pindah ke Erdenet, Mongolia, selama empat tahun sebelum kembali ke Kryvyy Rih. 

Seperti banyak orang dari wilayah Dnipropetrovsk Ukraina, ia tumbuh sebagai penutur asli bahasa Rusia tapi juga fasih berbahasa Ukraina dan Inggris. 

Riwayat Pendidikan Volodymyr Zelensky

Tahun 1995, Volodymyr Zelensky memasuki Institut Ekonomi Kryvyy Rih, kampus lokal Universitas Ekonomi Nasional Kyiv dan pada tahun 2000 lulus dengan gelar sarjana hukum.

Zelensky tak hidup di dunia hukum, sebaliknya, ia masuk dunia hiburan dan dikenal sebagai komedian populer. Selanjutnya ia mengguncang dunia kerna merambah politik Ukraina melalui program televisinya yang sukses.

Karier Volodymyr Zelensky

Pada 31 Maret 2019, Zelensky memenangkan lebih dari 30 persen suara di putaran pertama pemilihan presiden. Pada 21 April ia terpilih sebagai presiden dengan 73 persen suara.

Pada 20 Mei 2019, Zelensky dilantik sebagai presiden. Dia menggunakan pidato pelantikannya dalam campuran bahasa Rusia dan Ukraina, untuk menyerukan persatuan nasional dan untuk mengumumkan pembubaran Verkhovna Rada (Dewan Tertinggi). 

Namun baru beberapa hari jadi presiden ia sudah dipusingkan dengan negara tetangga, Rusia, karena Putin menawarkan paspor kepada warga Ukraina di daerah yang dikuasai separatis yang dilanda perang. 

Perang hibrida yang didukung Rusia di sana memasuki tahun kelima dan ratusan ribu orang Ukraina mengungsi akibat konflik itu. Zelensky mencemooh tawaran Putin dengan memperpanjang kewarganegaraan Ukraina ke Rusia dan orang lain "yang menderita karena rezim otoriter atau korup."

Zelensky semakin menunjukkan gelagat meninggalkan orbit dan cenderung berkiblat ke arah barat. Hal ini membuat banyak pihak gerah termasuk Presiden Rusia, Vladimir Putin. Itulah mengapa kedua sedang menjadi perbincangan hangat publik dunia. 

Demikian profil Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina yang awalnya dikenal sebagai komedian.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami