search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
4 Cara Tingkatkan Kesuburan Pria Agar Istri Cepat Hamil
Selasa, 12 April 2022, 14:40 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/4 Cara Tingkatkan Kesuburan Pria Agar Istri Cepat Hamil

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kesuburan pria maupun wanita sama pentingnya ketika sedang merencanakan kehamilan. Kualitas sel telur wanita maupun sperma pria juga sama pentingnya untuk kehamilan yang sehat.

Jumlah sperma yang rendah atau kualitas sperma yang rendah dapat membuat pasangan sulit untuk hamil secara normal. Masalah kesuburan seperti ini tidak jarang terjadi, tetapi sering terabaikan.

Pada banyak kasus, masalah kesuburan terjadi karena kebiasaan gaya hidup sehari-hari dan bisa diatasi dengan mudah. Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan dan jumlah sperma, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Olahraga rutin

Berkali-kali peneliti telah menekankan manfaat olahraga rutin. Olahraga rutin tidak hanya membantu menurunkan berat badan atau membangun otot.

Olahraga rutin juga membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan reproduksi Anda. Bahkan 30 menit olahraga sedang dalam sehari dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan.

2. Berhenti merokok dan minum alkohol

Konsumsi tembakau atau alkohol yang berlebihan juga dapat menurunkan kualitas sperma dan meningkatkan risiko kemandulan. Minum alkohol secara teratur dapat menurunkan kadar testosteron, menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan produksi sperma.

Di sisi lain, tembakau dapat menurunkan konsentrasi sperma, menurunkan motilitas sperma dan meningkatkan kerusakan DNA sperma. Baik perokok pasif maupun perokok pasif memiliki efek yang sama pada kesuburan pria

3. Jaga berat badan yang sehat

Studi menunjukkan bahwa pria yang kelebihan berat badan 11 persen lebih mungkin memiliki jumlah sperma yang rendah dibandingkan dengan pria sehat.

Selain itu, mereka 39 persen lebih mungkin tidak memiliki sperma saat ejakulasi. Menurunkan berat badan dan mempertahankan indeks massa tubuh (BMI) yang sehat dapat membantu meningkatkan kesuburan dan motilitas sperma.

4. Konsumsi suplemen

Jika Anda menghadapi masalah kesuburan, tambahkan suplemen Vitamin C dan D ke dalam diet Anda setelah berkonsultasi dengan dokter. Vitamin C tidak hanya meningkatkan kekebalan tetapi juga dapat meningkatkan kualitas, jumlah dan motilitas air mani.

Selain itu, mengonsumsi Vitamin D dapat meningkatkan kadar testosteron untuk meningkatkan peluang hamil hingga 20 persen. Asupan suplemen Zinc juga terbukti bermanfaat bagi mereka yang mencoba meningkatkan jumlah sperma.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami