search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Keguguran Berulang Apakah Merupakan Gangguan Kesuburan?
Rabu, 13 April 2022, 14:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Keguguran Berulang Apakah Merupakan Gangguan Kesuburan?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Belum juga dikarunia anak meskipun sudah bertahun-tahun menikah tapi pernah keguguran? Kira-kira apa ya penyebabnya?

Seorang perempuan berusia 30 tahun bernama Puteri mengaku keguguran sebanyak 3 kali dalam 7 tahun pernikahan. Apakah ini ada hubungannya dengan kesulitan untuk hamil?

"Saya pernah 3 kali mengalami keguguran dan sudah berkali-kali konsultasi dengan Dokter Kandungan sampai akhirnya saya di diagnosa Bikornuate Uterus. Pertanyaan saya apakah masih mungkin bagi saya memiliki anak dengan metode IVF, mengingat rahim saya tidak berbentuk normal?" tulisnya dikutip dari laman Smarterhealth.

Menjawab pertanyaan tersebut, dokter kandungan dr. Eeson Sinthamoney dari Sunfert International Malaysia mengatakan penyebab keguguran belum tentu masalah kesuburan.

"Harus kita bedakan antara keguguran berulang dengan masalah kesuburan. Kalau Anda bisa hamil cepat tapi keguguran, maka itu masalah keguguran berulang," paparnya.

Ia mengatakan ada beberapa tes yang bisa dilakukan untuk mencari tahu penyebab sering keguguran. Lalu terkait diagnosa bicornuate uterus, menurutnya juga bukan penyebab keguguran berulang.

"Tapi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana bicornuate uterus tersebut didiagnosa. Karena kadang-kadang septum uterus salah diartikan sebagai bicornuate uterus. Septum ini bisa jadi penyebab keguguran berulang," terangnya lagi.

Terkait program bagi tabung alias IVF, pasien dapat melakukannya jika ada diagnosis masalah kesuburan.

"Jika Anda punya kesulitan pembuahan (akibat keguguran berulang), maka IVF bisa jadi pilihan," tutupnya.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami