search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
19 Lukisan Tokoh Perempuan Dipamerkan di Ubud
Senin, 27 Juni 2022, 14:55 WITA Follow
image

beritabali/ist/19 Lukisan Tokoh Perempuan Dipamerkan di Ubud.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Solo exhibition memamerkan lukisan suara kebebasan 19 tokoh perempuan perkasa oleh Perupa sekaligus kurator, Aricadia. Karya lukisan “freedom voice” berlangsung di Warung Oman, Gang Cinta, Desa Singakerta Kecamatan Ubud, Sabtu (25/6).

Karya yang dipamerkan mulai dari sosok Ken Dedes hingga Daria Hennadiyivna Bilodid, seorang judoka Ukraina kelahiran 10 Oktober 2000 peraih medali emas dunia dan Eropa Tahun 2019 di kelas 48 kg. Aricadia ingin mengungkap tokoh perempuan perkasa yang punya andil bicara dan bertindak terdepan. 

“Diskursus mengenai perempuan tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu mitos mengatakan, perempuan adalah perwujudan keburukan laki-laki. Tubuhnya dinisbahkan penciptaan atas tulang rusuk laki-laki,” ujarnya. 

Dengan menempatkannya dalam posisi tersubordinasi pada tatanan sosial kemasyarakatan. “Patriarki sudah jauh mengakar dalam tubuh masyarakat dewasa ini. Bahkan ia adalah bentuk status quo tertua di dunia,” imbuhnya.

Ada 19 karya yang menghidupkan dinding warung makan. Ada 9 lukisan acrylic ukuran 20 x 25 cm. “Betapa sulitnya menjadi perempuan. Seperti kata Jean Jacques Rousseau, seorang pemikir Perancis, manusia dilahirkan bebas namun dimana mana ia dipenjara. Begitulah nasib perempuan, ia dilahirkan bebas, namun dimana-mana ia di penjara,” tutupnya. 

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami