search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mengenal Base Genep, Bumbu Tradisional khas Bali
Selasa, 19 Juli 2022, 13:01 WITA Follow
image

bbn/Okezone.com/Mengenal Base Genep, Bumbu Tradisional khas Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bali punya banyak kuliner yang sangat memanjakan lidah, seperti sate lilit dan ayam betutu. Masakan tersebut bahkan menarik perhatian wisatawan yang datang ke Bali. Bumbu utamanya adalah Base Genep, bumbu tradisional khas Bali.

Satu hal yang unik adalah ada satu bumbu yang kerap jadi kunci kelezatan masakan bali. Bumbu ini bernama base genep. Bumbu tradisional andalan masyarakat Bali ini menyimpan cerita sejarah masyarakat Hindu sejak ribuan tahun lalu

Iyung Masruroh, Direktur Wisata MICE Kemenparekraf, menuturkan bahwa masakan Bali mendapatkan sentuhan budaya Hindu sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dari ragam kuliner lainnya. 

Sentuhan budaya dalam masakan Bali berhubungan dengan upacara keagamaan agama Hindu. Saat upacara berlangsung, dibutuhkan hidangan khusus yang biasa menjadi persembahan untuk para dewa. 

Makanan tersebut nantinya dikonsumsi bersama-sama dalam sebuah perayaan. Base sendiri merupakan kata dalam bahasa Bali yang artinya bumbu. Masyarakat Bali memiliki bumbu tradisional, yakni beberapa base andalan saat memasak, salah satunya base genep.

Base genep terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, kunyit, jahe, serai, kemiri, ketumbar, cabai, terasi, daun salam, serta jeruk limau. Bumbu tradisional ini merupakan rempah warisan leluhur sejak dua ribuan tahun yang lalu. 

Satu hal unik dalam peracikan bumbu ini adalah menggunakan takaran jari. Karena zaman dahulu belum tersedia timbangan makanan seperti saat ini, mereka pun menakar bumbu menggunakan jari tangan. Namun, hal tradisional itu sudah dilakukan turun temurun sehingga masyarakat modern pun tetap menggunakan jari tangan untuk menakarnya.

Itulah Sejumlah pembahasan terkait Base Genep, bumbu tradisional khas Bali. Kunci masakan tradisional Bali yang mantap.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami