search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Harga Bahan Baku Baterai Melonjak, Kendaraan Listrik Mahal
Sabtu, 24 September 2022, 13:21 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Harga Bahan Baku Baterai Melonjak, Kendaraan Listrik Mahal

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Melambungnya harga Lithium dunia diperkirakan bakal turut memberikan efek terhadap penjualan kendaraan listrik. Yaitu munculnya kekhawatiran bahwa harga kendaraan listrik ikut melonjak, jadi semakin mahal.

Tercatat harga Lithium karbonat mencapai rekor tertinggi, yakni 71.315 dolar Amerika Serikat (AS) per ton di China. Kenaikan harga material utama baterai kendaraan listrik ini terjadi karena permintaan yang semakin kuat.

Asosiasi Mobil Penumpang China memperkirakan kenaikan penjualan kendaraan listrik bisa mencapai 6 juta unit pada akhir 2022 di tengah transisi menuju kendaraan listrik. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat lebih dibandingkan 2021.

"Produksi dan penjualan EV tetap stabil dalam beberapa bulan terakhir. Ini bisa menyebabkan kebutuhan baterai tetap tinggi sehingga bahan baku Lithium berkurang," tulis sebuah perusahaan riset, Rystad Energy, dikutip dari Autoblog.

Mengantisipasi masalah ini, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China mengadakan pertemuan untuk menjaga harga Lithium tetap stabil.

Produsen tidak boleh berkolusi dalam penetapan harga. Pemerintah Negeri Tirai Bambu juga mengambil langkah-langkah untuk mendorong eksplorasi dan mempromosikan daur ulang baterai kendaraan listrik.

Sebagai informasi, Lithium menjadi salah satu material penting yang digunakan untuk baterai kendaraan listrik. Sementara China sendiri saat ini menjadi negara dengan populasi kendaraan listrik paling banyak di dunia.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami