search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Warga Rusia Kabur ke Finlandia Pecah Rekor Usai Wajib Militer
Selasa, 27 September 2022, 06:37 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Warga Rusia Kabur ke Finlandia Pecah Rekor Usai Wajib Militer

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jumlah warga negara Rusia yang memasuki Finlandia melalui perbatasan darat pada hari Minggu (25/9) kemarin sudah mencapai dua kali lipat dari Minggu sebelumnya. Kepala urusan internasional penjaga perbatasan Matti Pitkäniitty mencatat 8.314 orang Rusia memasuki Finlandia melalui perbatasan darat Finlandia-Rusia.

Sampai dengan Sabtu (24/9), sebanyak 16.886 orang Rusia tiba secara total, dengan "banyak dalam perjalanan ke negara lain," tambahnya.

Menyusul pengumuman Kremlin tentang 'wajib militer', aksi protes bermunculan dan eksodus warga yang melarikan diri ke negara tetangga.

Menteri Pertahanan Finlandia Antti Kaikkonen mengatakan negara itu memantau situasi dengan cermat. Finlandia dan Rusia berbagi perbatasan darat yang membentang sepanjang 1.340 kilometer dan ada beberapa titik penyeberangan perbatasan yang tersedia.

Kabur ke Georgia

Sementara itu, gambar satelit dari hari Minggu yang disediakan oleh Maxar Technologies menunjukkan antrean panjang lalu lintas di sisi perbatasan Rusia dengan Georgia.

Maxar mengatakan gambar paling utara menunjukkan antrean lalu lintas sekitar 16 kilometer (hampir 10 mil) di utara perbatasan, dan menambahkan bahwa "kemacetan lalu lintas kemungkinan berlanjut lebih jauh ke utara area yang dicitrakan."

CNN melaporkan Senin (26/9) pagi, bahwa gambar dan video media sosial dari perbatasan antara Rusia dan Georgia telah menunjukkan garis panjang lalu lintas stasioner melalui celah gunung.

Video drone yang diunggah dari daerah itu menunjukkan ada ratusan kendaraan berkumpul di sisi Rusia, dengan saksi mata mengatakan bahwa orang-orang menunggu hingga 48 jam untuk menyeberang ke Georgia. Beberapa video menunjukkan pasukan keamanan Rusia tambahan tiba di perbatasan dengan pengangkut personel lapis baja.

Antrean telah menumpuk di Verkhnii Lars yang melintasi dari Ossetia Utara ke Georgia dan penyeberangan perbatasan lainnya sejak pengumuman wajib militer oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Video menunjukkan beberapa keluarga dan banyak pria sendirian di antara mereka yang menunggu untuk menyeberang di Verknii Lars. Ratusan orang mendekati penyeberangan dengan berjalan kaki, menarik koper.

Di tengah arus masuk yang tiba-tiba, "kami telah mendorong pemerintah untuk memperkenalkan visa dan/atau menutup perbatasan," seorang politisi oposisi di Georgia, Nona Mamulashvili, mengatakan kepada CNN. Saat ini, perbatasan tampaknya masih terbuka.

Gelombang eksodus warga Rusia telah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Mereka menuju sejumlah negara tetangga seperti Finlandia hingga Georgia. 

Sementara itu, warga lainnya turun ke jalan, menggelar demonstrasi menolak wamil di berbagai titik di Rusia. Lebih dari 1.000 warga ditangkap dalam demo ini.

Rusia dilaporkan akan melarang warga laki-laki ke luar negeri mulai pekan ini, ketika semakin banyak pria kabur demi menghindari wajib militer. Berdasarkan laporan media Ukraina, Pravda, salah satu pejabat pemerintah Rusia mengatakan bahwa aturan tersebut mulai berlaku pada 28 September mendatang.

Sumber itu mengatakan bahwa laki-laki yang ingin keluar harus mendapat izin dari kantor pendaftaran militer.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami