search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ajaib, Pelinggih Ini Tetap Kokoh Meski Diterjang Banjir di Karangasem
Kamis, 20 Oktober 2022, 17:13 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ajaib, Pelinggih Ini Tetap Kokoh Meski Diterjang Banjir di Karangasem.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Ada fenomena menarik di balik peristiwa banjir bandang yang mengalir di sungai (tukad) Taksu di Banjar Dinas Nangka, Desa Bhuanagiri, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem beberapa hari yang lalu. 

Dimana, terdapat sebuah bangunan pelinggih berbentuk Padma yang berdiri tepat di tengah-tengah alur Tukad Taksu yang kini tetap berdiri kokoh meski diterjang banjir besar beberapa hari yang lalu. 

Jika dilihat dari suasana di sekitar pelinggih tersebut, jejak derasnya aliran banjir yang mengalir masih sangat jelas terlihat. Rasanya, dengan melihat posisi pelinggih yang berada di tengah-tengah sungai, sangat kecil kemungkinan akan tetap berdiri kokoh seperti semula. 

Ajaibnya, selain tetap berdiri kokoh, kain poleng yang melingkari bangunan pelinggih serta pajeng (payung) yang terpasang di sampingnya juga nampak masih utuh pada posisi semulanya. 

Menurut warga setempat, I Wayan Sudarma, fenomena itu bukan yang pertama kali terjadi. Pelinggih tersebut juga tetap kokoh bahkan terjadi sejak banjir lahar hujan saat erupsi gunung agung lalu. 

"Karena sulit dipahami, kami meyakini itu karena kehendak beliau dan juga karena terletak tidak jauh dari Pura Penataran Agung Nangka," ujar Sudarma.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami