search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Google Chrome Bakal Blokir Semua Unduhan Mencurigakan
Selasa, 3 Januari 2023, 13:07 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Google Chrome Bakal Blokir Semua Unduhan Mencurigakan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Google sedang mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan browser webnya. Untuk sementara, Google Chrome memprioritaskan koneksi aman saat berselancar. Kemampuan Google Chrome memuat semua halaman secara default melalui protokol HTTPS pertama kali ditawarkan dengan versi 90.

Browser beralih ke HTTP saat situs web yang dikonsultasikan tidak mendukung protokol aman. Belakangan, Google menyempurnakan sistemnya dengan menambahkan opsi "hanya HTTPS" baru dengan Chrome 94.

Terakhir, yang umumnya tersedia di sebagian besar browser web, dirancang untuk meningkatkan keamanan saat mengunjungi internet dengan membatasi halaman web apa yang ditampilkan di browser kepada mereka yang mematuhi protokol HTTPS.

Akibatnya, saat situs web tidak mendukung penelusuran aman, browser web tidak lagi secara otomatis beralih ke HTTP.

Halaman peringatan yang menyatakan bahwa pengguna akan memuat halaman Web yang tidak aman muncul. Menghentikan pengguna di jalurnya.

Google sedang mempersiapkan untuk memperluas modul khusus HTTPS untuk menyertakan semua unduhan file, menurut kode yang ditemukan oleh 9to5Google di repositori Chromium Gerrit (platform kolaboratif bagi pengembang untuk meninjau kode browser).

Saat Chrome mengetahui bahwa pengunduhan file menggunakan protokol HTTP yang tidak aman, Chrome akan segera memblokirnya. Dengan demikian, opsi baru ini melampaui apa yang sekarang disediakan browser karena memengaruhi sejumlah kasus baru.

Unduhan apa pun dari halaman web yang tidak aman, yang menggunakan pengalihan tidak aman, atau yang URL utamanya bukan HTTPS akan diblokir oleh browser.

Untuk menyelesaikan pengunduhan file yang diminta, Anda selalu dapat meminta agar Chrome menghapus blokir ini. Dengan demikian itu akan tetap menjadi tindakan opsional.

Versi eksperimental dari fitur keamanan baru ini, yang saat ini sedang dikembangkan, awalnya hanya tersedia di Chrome.

Awalnya hanya akan berfungsi setelah mengaktifkan bendera unduhan #block tidak aman dari halaman chrome:/flags. Yang mencantumkan semua fitur eksperimental.

Fitur baru ini dapat diakses sebelum Chrome 111 rilis Maret 2023, sebagaimana dilansir laman Gizchina, Selasa (3/1/2023).

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami