search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tiga Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali
Kamis, 23 Februari 2023, 14:24 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Tiga Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali muncul dalam beberapa hari terakhir. Berikut profil tiga calon Menpora yang baru.

Partai Golkar disebutkan telah menyerahkan tiga nama calon pengganti Zainudin Amali untuk mengisi posisi Menpora.

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com dari internal Golkar, ketiga calon Menpora baru tersebut adalah Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komaruddin.

Nama-nama ini diajukan Golkar setelah Amali meminta izin ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk fokus mengurus sepak bola. Ini dilakukan Amali setelah terpilih jadi wakil ketua umum PSSI.

Presiden Jokowi mengatakan sudah menerima secara informal pengunduran Amali, tetapi belum menerima surat resmi. Setelah ada surat, nantinya akan diambil sikap resmi pula.

Berikut profil tiga calon Menpora yang disebut telah diajukan Partai Golkar ke Presiden Jokowi sebagai pengganti Zainudin Amali.

1. Ilham Permana

Ilham Permana merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (PP AMPG). Ia terpilih menduduki jabatan tersebut pada 2018 dan resmi dilantik pada 3 Maret 2018.

Pria kelahiran 22 Desember 1978 ini juga sempat mendapat gelar kehormatan dari Partai Golkar sebagai Satya Aditama Karya Utama. Ini diraihnya karena dianggap sebagai kader berprestasi.

Sebelum itu Ilham merupakan Ketua DPRD Kabupaten Bogor periode 2014-2019. Ilham mengisi posisi prestisius tersebut karena Jaro Ade maju sebagai Calon Bupati Bogor pada 2018.

Dalam bidang olahraga, Ilham tercatat sebagai Wakil Ketua Umum II Pengurus Besar (PB) Wushu Indonesia. Ini menjadi indikasi bahwa Ilham adalah kepercayaan Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga menjabat Ketua PB Wushu.

Kedekatan dan kiprah Ilham di olahraga ini membuat Airlangga mengajukan namanya sebagai calon menpora.

2. Dito Ariotedjo

Dito adalah tim ahli Menko Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto. Sebelum mengawal Airlangga, Dito merupakan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2016-2021.

Dalam bidang olahraga, Dito sempat menjadi chef de mission (CdM) Youth Olympic Games 2018. Pria kelahiran 25 September 1990 itu ditunjuk oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC) atas persetujuan Menpora untuk menjadi CdM Youth Olympic Games 2018.

Untuk menyalurkan hobinya dalam bidang olahraga, Dito bersama beberapa kolega bisnisnya mendirikan RANS Prestige Sportstainment di kawasan Pantai Indah Kapuk (Kapuk), Jakarta Utara.

Perusahaan ini yang membidangi Rans Nusantara FC (klub sepak bola) dan Rans PIK (klub basket). Meski terbilang baru di olahraga sepak bola dan basket, minatnya terbilang serius.

Pada 2020, Dito masuk daftar Forbes 30 under 30. Ini adalah daftar pemuda berpengaruh Indonesia di bawah usia 30 tahun. Pada saat itu Dito sejajar dengan Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon.

3. Puteri Komarudin

Politisi bernama lengkap Puteri Anetta Komarudin ini masih 29 tahun. Dara kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Agustus 1993, ini merupakan anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Golkar.

Puteri adalah anak dari politisi partai Golkar, Ade Komarudin. Ade adalah politisi senior yang lima kali berturut-turut masuk parlemen. Pada 2015 Ade menggantikan Nova Setyanto sebagai Ketua DPR RI.

Berdarah politisi, Puteri sudah aktif memulai karier politiknya sejak sekolah. Begitu tamat dari University of Melbourne pada 2015, Puteri langsung aktif di Golkar.

Puteri awalnya bergabung dengan Wanita Swadiri Indonesia dan Angkatan Muda Partai Golkar. Kariernya pun terbilang moncer. Sejak 2017 ia masuk jajaran dewan pengurus pusat partai.

Dari sekian panjang kariernya itu nyaris tidak ada yang terkait dengan olahraga. Puteri dominan banyak bergerak dalam bidang kepemudaan, khususnya di jalur ekonomi dan keuangan.(sumber: cnnindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami