search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Once Tak Akan Nyanyikan Lagu Ciptaan Ahmad Dhani
Rabu, 19 April 2023, 12:23 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Once Tak Akan Nyanyikan Lagu Ciptaan Ahmad Dhani

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Once Mekel mengatakan dirinya tidak akan menyanyikan lagu ciptaan Ahmad Dhani. Hal ini disampaikan Once saat audiensi dan mediasi bersama Ahmad Dhani dan sejumlah musisi di Kementerian Hukum dan HAM.

"Saya enggak akan lagi bawain lagunya Dhani, baik sendiri maupun bersama Dewa 19, dalam waktu yang tak ditentukan gitu ya, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan," kata Once pada Selasa (18/4).

Beberapa waktu lalu Ahmad Dhani sempat melarang Once menyanyikan lagu-lagu ciptaannya buat Dewa 19. Larangan tersebut dilakukan guna menjaga muruah Dewa 19 yang akan melanjutkan tur hingga Desember 2023.

Rupanya persoalan ini berbuntut ke masalah royalti. Dhani menyinggung Once yang masih menyanyikan lagu Dewa 19 meski sudah hengkang dari band tersebut pada 2010 silam.

Sementara itu, keputusan Once untuk tidak menyanyikan lagu-lagu ciptaan Dhani merupakan keputusan pribadi, bukan bentuk penerapan hukum atau ketentuan yang berlaku.

"Ini hanya urusan pribadi saja ya, kalau hukum positif kita sampai hari ini tidak ada larang-larangan, tidak bisa larang-larangan," katanya.

Turut mendengar pernyataan Once, Dhani menanggapi dengan kemungkinan Once bakal menyanyikan lagu ciptaannya untuk Dewa 19 di masa mendatang.

"Semua sepakat harus ada izin," timpalnya.

Dia merujuk Pasal 9 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta mengenai perizinan dari pencipta lagu.

Pasal 9 berbunyi, "Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan/atau penggunaan secara komersial ciptaan."

"Nah artinya kalau si pencipta tidak mengizinkan, itu memang tidak boleh. 'Seizin' Pasal 9," kata Dhani.

Kemudian Once mengatakan tiap kesempatan manggung, selalu ada kesepakatan dengan event organizer (EO) terkait bayaran royalti. Dia berkata EO adalah pihak yang bertanggung jawab membayarkan royalti.

Hal ini pun dikonfirmasi Dhani. Menurutnya, Once tidak berkewajiban membayar royalti.

"Once tidak punya kewajiban untuk bayar royalti, jangan tanya-tanya salah lagi. Once tidak pernah punya kewajiban bayar royalti, yang berkewajiban tuh EO. Sudah begitu aja, kami sepakat," kata Dhani.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami