search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Konser dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarah
Kamis, 8 Juni 2023, 15:55 WITA Follow
image

beritabali.com/era.id/Konser dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Siapa yang suka nonton konser musik? Tahukah Anda, bahwa musisi yang pertama kali menggelar konser di dunia adalah John Banister di tahun 1672 silam. Pada masa itu, konser atau pagelaran musik masih sangat awam bagi masyarakat dan hanya diikuti oleh kalangan tertentu saja. Namun berbedan dengan saat ini, di mana hampir semua orang ingin datang dan merasakan pengalaman menonton konser musisi favoritnya secara langsung.

Begitu juga dengan para penikmat musik di Indonesia yang rela merogoh kocek hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah demi bisa bernyanyi bersama musisi favoritnya. Salah satu musisi dengan penonton terbanyak di Indonesia adalah Iwan Fals pada tahun 2014 lalu, dengan total 350 ribu penonton. 

Lalu ada Blackpink yang tampil di GBK Jakarta dengan jumlah penonton sebanyak 70 ribu orang. Yang terbaru, konser Coldplay yang akan diselenggarakan pada 15 November 2023 mendatang diperkirakan akan mendapatkan lebih dari 77.000 penonton.

Konser dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarah

Live 8 menjadi salah satu konser dengan penonton paling sepanjang sejarah, di mana pertunjukan yang digelar pada tahun 2005 itu adalah festival kemanusiaan untuk menghasilkan uang yang akan didonasikan kepada negara-negara miskin.

Tercatat, konser itu menampung lebih dari 1 juta penonton di depan Museum Seni Philadelphia untuk menyaksikan penampilan Bon Jovi, Linkin Park, Kanye West, dan juga Kaiser Chiefs.

Kemudian, ada Paz sin Fronteras atau berarti Peace without Borders yang merupakan festival musik outdoor yang dipentaskan oleh musisi Juanes pada tahun 2009 untuk menyebarkan pesan damai ke semua negara Latin dan Amerika Selatan. Pertunjukkan ini digelar dua kali, di mana acara yang pertama berhasil mendapat sekitar 300.000 penonton, lalu di acara kedua ada sebanyak 1.1 juta penonton hadir di itu.

Konser dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah yang berikutnya adalah konser The Rolling Stones yang digelar di Rio’s Copacabana Beach pada tahun 2006 dengan 1.5 juta penonton. Lalu ada juga Monsters of Rock yang merupakan festival musik rock yang diadakan di tahun 1980-1996 di Castle Donington, di mana pada tahun 1991 ada 1,6 juta penggemar rock yang hadir menyaksikan penampilan Motley Crue, Metallica, dan AC/DC. Selain itu, ada juga festival musik Love Parade yang berlangsung di Dortmund, Jerman yang dikunjungi lebih dari 1,6 juta penonton.

Rekor konser yang berhasil menghadirkan paling banyak penonton dipegang oleh musisi ternama Rod Stewart. Konser gratis yang diadakan di Pantai Copacabana pada malam tahun baru 1994 itu telah disaksikan lebih dari 4,2 juta penonton. Konser ini menjadi salah satu konser dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami