search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Distan Badung Pastikan Ancaman Rabies ke Hewan Ternak Mampu Dicegah
Kamis, 27 Juli 2023, 10:32 WITA Follow
image

beritabali/ist/Distan Badung Pastikan Ancaman Rabies ke Hewan Ternak Mampu Dicegah.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Kasus virus rabies sempat menyerang hewan ternak sapi di Jembrana belum lama ini membuat Dinas Pertanian Badung memastikan ancaman kasus rabies ke hewan ternak masih dapat ditekan.

Terkait kasus ini belum ada ancaman serius dari rabies terhadap hewan ternak khususnya sapi Bali. 

Tim kesehatan hewan Kabupaten Badung telah berupaya menekan penyebaran rabies dengan menginjeksi lebih dari 80 ribu ekor Hewan Penular Rabies (HPR) tahun ini.

"Vaksinasi HPR sebanyak-banyaknya dan terukur dilakukan sebagai bentuk antisipasi sehingga, tidak ada sampai terjangkit rabies lalu mengancam hewan lain. Sehingga tidak akan dapat menularkan ke manusia dan ternak lainnya," ungkap Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Badung, I Gde Asrama belum lama ini.

Ia menyebut hingga saat ini belum ditemukan hewan ternak terjangkit rabies di Badung seperti kasus yang terjadi di Jembrana beberapa hari lalu. 

"Hanya hewan jenis anjing dan kucing saja sementara sempat terjangkit virus rabies di Kabupaten Badung sehingga vaksinasi HPR terus dilakukan," ujarnya.

Dirinya berharap dan meminta agar para peternak menjaga betul kandang sapinya agar aman dari anjing. Selain itu, masyarakat diimbau juga agar menjaga hewan peliharaannya.

"Jangan sampai anjing diliarkan malah mengancam keselamatan masyarakat sekitarnya," harap Asrama.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami