search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Volume Sampah di Karangasem Mencapai 50 Ton Sehari Saat Galungan
Kamis, 3 Agustus 2023, 20:18 WITA Follow
image

beritabali/ist/Volume Sampah di Karangasem Mencapai 50 Ton Sehari Saat Galungan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Volume sampah di Kota Amlapura mengalami peningkatan hingga 10 ton atau meningkat sekitar 25 persen pada saat Hari Raya Galungan

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karagasem, Drs. I Nyoman Tari, volume sampah meningkat tidak hanya pada saat Hari Raya Galungan melainkan sudah terjadi sejak dua hari menjelang Galungan. Diperkirakan masih akan terjadi hingga dua hari setelah Galungan

"Ya ada kenaikan volume sampah sekitar 25 persen sejak H-2 Galungan, kemungkinan masih akan terjadi sampai besok," jelas Tari dikonfirmasi, Kamis (3/8/2023). 

Pada hari biasa, volume sampah setiap harinya mencapai 40 ton, namun menjelang Hari dan saat hari raya Galungan volume sampah melonjak mencapai 50 ton sehari atau naik sekitat 10 ton setiap harinya. Kondisi ini dikatakan memang rutin terjadi menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. 

Kendati demikian, pihak DLH masih bisa melayani penambahan volume sampah tersebut sehingga tidak sampai menambah jumlah personel namun hanya proses pengangkutan sampah ditambah sekali. Dari semula sekali saat ini menjadi dua kali angkut. 

Ia berharap, warga ikut serta menyukseskan program pemerintah tentang pengelolaan sampah berbasis sumber sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Bali Nomor 47 Tahun 2019. Salah satu di antaranya memilah sampah organik / non-organik berbasis sumber untuk meminimalisir volume sampah di Karangasem.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami