search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Anggota Dewan Sentil Penanganan Lambat Jalur Tangkup dan Luah Karangasem
Jumat, 18 Agustus 2023, 08:22 WITA Follow
image

beritabali/ist/Anggota Dewan Sentil Penanganan Lambat Jalur Tangkup dan Luah Karangasem.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Respons cepat pihak eksekutif dengan datang berkunjung ketika terjadi bencana mendapat pujian dari salah seorang anggota DPRD Karangasem asal Sidemen, I Kadek Sujanayasa. 

Hanya saja, respon cepat itu dianggap tidak sejalan dengan tindakan yang diambil. Sujanayasa menilai tindakan yang dilakukan masih sangat lambat, misalnya seperti penanganan akses jalan putus di wilayah Tangkup dan Luah Kecamatan Sidemen. 

"Sangat disayangkan ketika ada respons yang begitu cepat untuk turun meninjau, tetapi lambat dalam tindakannya, dan dalam hal ini di desa itu bisa dikategorikan terisolir, karena meski ada satu akses keluar namun jaraknya sangat jauh memutar," kata Sujanayasa, Kamis (17/8/2023). 

Menurut Sujanayasa akses di kedua jalan yang jebol itu sangat vital bagi masyarakat tiga desa yang ada di wilayah tersebut baik dari sisi perekonomian maupun akses sekolah SMA bagi anak-anak yang tinggal di wilayah terdampak. Mengingat, kebanyakan siswa SMA bersekolah di wilayah Klungkung, sehingga meski ada satu akses alternatif keutara lewat Muncan namun jaraknya sangat jauh. 

"Seharusnya 14 hari setelah bencana itu sudah mulai dikerjakan tapi ini responnya dari eksekutif belum mendapat tanggapan yang maksimal, hasil koordinasi kemarin katanya untun di Luah sudah dianggarkan pada anggaran perubahan, sementara yang di Tangkup masih dikoordinasikan ke provinsi karena itu aset provinsi. Namun terlepas itu aset siapa, bagi masyrakat yang penting itu bagaimana resons penanganan ini bisa segera dilaksanakan. Harapan kami agar responsif sejalan dengan tindakan yang diambil," jelas Sujanayasa. 

Sementara itu Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta mengakui bahwa rencana perbaikan untuk jalur Luah akan dianggarkan melalui anggran perubahan APBD tahun 2023 ini. Sementara untuk akses jalan jebol yang di Desa Tangkup masih dikoordinasikan mengingat aset tersebut milik Provinsi. 

"Untuk di Tangkup sudah didorong perbaikannya melalui provinsi, sedangkan untuk di Luah akan dianggarkan pada perubahan ini, jadi mohon bersabar," kata Sedana Merta.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami