search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ide Awal Pembuatan Kue Pia Labu Bahagia yang Jadi Oleh-Oleh Khas Jembrana
Jumat, 15 September 2023, 13:27 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ide Awal Pembuatan Kue Pia Labu Bahagia yang Jadi Oleh-Oleh Khas Jembrana.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Panganan berbahan dasar labu biasanya hanya diolah menjadi kolak labu, suping dan kue lumpur. Namun jika kreatif ternyata juga bisa diolah menjadi kue yang gurih, renyah, dan enak. 

Bahkan, kini bisa menjadi kue yang disuguhkan di pusat oleh-oleh khas Kabupaten Jembrana. Seperti yang dilakukan pembuat kue pia labu Desy Lovina Surisma bersama Ni Ketut Mari Lestari.

Awalnya mereka membuat kue ini untuk mengikuti festival lomba pangan lokal di ajang Kolaborasi Bali Era Baru Smart (KBS) Festival 2023. Tak disangka, mereka mendapatkan juara satu mewakili Kabupaten Jembrana

Ide awal pembuatan kue ini sebenarnya juga hanya mengisi waktu kosong di Panti Asuhan Alas Kasih dengan memanfaatkan olahan bahan dasar buah labu. Di mana buah lokal bisa diolah menjadi kue pia labu. 

Selain labu, bahan lainnya di antaranya tepung terigu, minyak sawit, dan gula pasir. Untuk per biji ditakar 30 gram dengan berbagai macam varian seperti rasa coklat, keju dan kacang hijau.

"Dikemas dalam kotak isi 6 biji seharga Rp.20.000,- sehari bisa mengerjakan hampir 100 kotak. Bahan dasar 10 kg tepung dan labu sekitar 4 kg. Ini dikerjakan mulai pukul 09.00-17.00 WITA. Walau hanya dikerjakan secara keroyokan, juga sering juga dibantu anak-anak panti," ungkap Desy. 

Untuk proses pengerjaan sementara dilakukan ibu-ibu anak panti. Sedangkan untuk pemasarannya didistribusikan ke Sentra Tenun Jembrana dan toko-toko di seputar Kota Negara. 

"Bahkan juga dikirim Bali Mall di Bandara Ngurah Rai dan pusat oleh-oleh di bandara juga," imbuh Desy yang memberi label kuenya dengan nama Pie Labu Bahagia dengan harapan UMKM seperti juga didukung Pemerintah Daerah Jembrana yang memiliki visi membahagiakan warganya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami