search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Buah Yang Mengandung Vitamin B, Berkhasiat Jaga Imunitas Tubuh
Selasa, 9 Januari 2024, 08:51 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Buah Yang Mengandung Vitamin B, Berkhasiat Jaga Imunitas Tubuh

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Selain daging dan sayuran, vitamin B juga terdapat dalam beberapa buah. Apa saja buah yang mengandung vitamin B?

Vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air yang penting untuk berbagai proses tubuh, termasuk untuk menjaga imunitas. Setiap harinya, tubuh memerlukan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup agar bisa hidup sehat.

Dilansir dari Healthline, tubuh setiap harinya memerlukan asupan vitamin agar tetap sehat dan bekerja dengan baik. Dari sejumlah vitamin yang ada, di antaranya tubuh membutuhkan vitamin B, yakni vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Namun, nutrisi vitamin B mudah hancur dengan pemrosesan makanan seperti lewat masakan. Karena itu penting untuk mengonsumsi langsung sumber vitamin B seperti buah agar kandungan nutrisinya tidak mudah hilang.

Melansir berbagai sumber, berikut ini daftar buah yang mengandung vitamin B.

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung vitamin B. Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral. Hanya 1 cangkir alpukat (150 gram) mengandung 30 persen kebutuhan folat harian Anda dan 23 persen vitamin B6.

2. Jeruk

Buah jeruk seperti jenis lemon mengandung setidaknya 6 dari 8 bentuk vitamin B. Jeruk mengandung B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam pantotenat), B6 (Piridoksin), dan B9 (Asam folat).

Selain itu, jeruk sebagai sumber folat yang sangat baik dan penting selama masa kehamilan untuk bantu cegah cacat tabung saraf. Vitamin B9 juga terbukti bantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Apel

Menukil MedicineNet, apel juga termasuk buah yang mengandung vitamin B, terutama kandungan B12 yang tinggi.

Sebuah apel berukuran standar diketahui bisa memiliki 4 persen-5 persen Riboflavin (vitamin B2) yang dibutuhkan setiap harinya.

Vitamin B2 disebut dapat membantu tubuh menyerap energi dari makanan. Vitamin ini juga bertindak sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Selain itu Riboflavin dibutuhkan tubuh untuk perkembangan sel darah merah hingga konversi asam folat dan vitamin B6.

4. Pisang

Mengutip Healthier Steps, salah satu buah yang paling kaya vitamin B12 adalah pisang. Pisang mengandung serat dan vitamin, yang membantu mengatur tekanan darah, mengurangi stres, meredakan sembelit, dan meredakan maag.

5. Buah beri

Buah beri yang mengandung vitamin B6 dan B9 seperti stroberi, rasberi, dan blackberry. Vitamin B6 diketahui begitu dibutuhkan tubuh untuk membuat serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati, serta vitamin B8 bisa bantu mengatur fungsi dan perkembangan kognitif.

6. Anggur

Anggur mengandung vitamin B1 yang tinggi. Tiamin (B1) disebutkan mampu bantu mendukung fungsi jantung dan saraf. Tak hanya itu, Tiamin juga penting untuk mengubah makanan menjadi energi.

7. Nanas

Nanas adalah sumber vitamin B6 yang sangat baik. Vitamin B6 atau Piridoksin diketahui dapat mendukung perkembangan kognitif dan fungsi imun tubuh. Selain itu, nanas mengandung bromelain yang bisa meningkatkan pencernaan sehat dan mengurangi peradangan.

Itulah 7 buah yang mengandung vitamin D. Semoga bermanfaat.(sumber: cnnindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami