search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hati-Hati, Stres Ternyata Bisa Picu Timbulnya Alergi
Minggu, 17 Maret 2024, 08:57 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Hati-Hati, Stres Ternyata Bisa Picu Timbulnya Alergi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Stres memang tidak baik untuk kesehatan. Bahkan, stres bisa memicu timbulnya alergi, mulai dari gejala gatal hingga ruam di kulit.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi di Eka Hospital Cibubur, Yovita Mulyakusuma mengatakan stres dengan alergi memang saling berkaitan.

Tidak sedikit orang yang mengaku ketika banyak pikiran dan stres dengan kehidupan, secara tiba-tiba gejala alergi akan muncul. Padahal sebelumnya tidak merasa punya alergi terhadap apapun.

"Ketika dia stres, tiba-tiba muncul ruam, muncul gatal di kulit. Jadi memang stres dan alergi ini saling berkaitan," kata Yovita dalam acara temu media bersama Eka Hospital yang digelar di Bogor, beberapa waktu lalu.

Tapi kata Yovita, bukan stres yang jadi pemicu alergi. Alergi sendiri terjadi karena tubuh memberikan respons yang berlebihan terhadap zat asing yang sebenarnya tidak berbahaya.

Zat-zat ini disebut alergen. Asalnya bisa dari serbuk sari, bulu hewan, jenis makanan tertentu, obat-obatan, atau bahan kimia. Sementara stres tidak memiliki zat, stres hanya bisa menurunkan imunitas seseorang.

Ketika seseorang yang memiliki alergi mengalami paparan dengan alergen tertentu, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi secara berlebihan. Kemudian timbul gejala seperti pilek, bersin-bersin, sesak nafas, ruam kulit, bahkan reaksi anafilaksis yang mengancam jiwa.

"Nah saat stres, imun tubuh juga menurun. Makanya ketika tubuh terpapar zat alergen dia akan langsung bereaksi karena imunnya juga sedang lemah. Jadi itulah kenapa saat stres alergi bisa tiba-tiba muncul," kata dia.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami