search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Buah Terbaik Untuk Bantu Menurunkan Berat Badan
Kamis, 18 April 2024, 12:54 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Buah Terbaik Untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Berat badan yang naik terkadang menjadi suatu mimpi buruk bagi sebagian orang. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba konsumsi sejumlah buah berikut untuk menurunkan berat badan.

Buah-buahan menjadi camilan alami yang bisa membantu menurunkan berat badan sebab kaya akan vitamin, serat, dan juga nutrisi lain penunjang hidup sehat.

Dilansir dari Medical News Today, buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral esensial yang baik bagi tubuh.

Selain enak, buah-buahan juga kaya akan antioksidan. Mengonsumsi buah dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, kanker, peradangan, dan diabetes.

Mengutip Verywell Health, buah-buahan umumnya mengandung 80 persen hingga 90 persen air, juga mengandung gula alami.

Hal ini dapat memuaskan hasrat manis dan membantu perut merasa lebih kenyang sehingga kemungkinan akan makan lebih sedikit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar buah untuk menurunkan berat badan :

1. Jeruk Bali
Jeruk bali merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan rendah kalori sehingga bisa menjadi cemilan yang menyehatkan.

Menurut Healthline, 123 gram jeruk bali mengandung 37 kalori, buah ini umumnya dikaitkan dengan buah penurun berat badan.

Jeruk bali memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti melepaskan gula ke aliran darah lebih lambat.

Selain itu, jeruk bali mengandung naringenin yang tinggi, flavonoid dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi terhadap diabetes dan penyakit jantung.

2. Apel
Apel dengan ukuran 223 gram mengandung kalori (116 kalori) dan serat (5,4 g serat per buah), sehingga dikenal sebagai buah yang tinggi serat dan rendah kalori.

Apel mengandung polifenol yang dapat membantu mencegah penumpukan lemak visceral pada orang dengan Body Mass Index (BMI) dan berat badan bervariasi.

Penelitian menunjukkan bahwa apel paling baik dimakan utuh daripada dijus untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

3. Pisang
Meskipun pisang lebih padat kalori dibandingkan buah-buahan lainnya, pisang lebih padat nutrisi, potasium, magnesium, serat, banyak antioksidan, serta vitamin B6, dan C.

Makanan berkualitas tinggi, padat nutrisi, dan rendah kalori seperti pisang sangat penting untuk memperlancar rencana menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Pisang memiliki GI rendah hingga sedang, dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengatur berat badan, sehingga pisang bisa menjadi buah tepat untuk menurunkan berat badan.

4. Markisa
Markisa mengandung kalori yang cukup rendah, pada buah markisa ungu 18 gram, mengandung 18 kalori dan kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan potasium.

Serat yang terkandung dapat memperlambat pencernaan serta membantu merasa kenyang lebih lama agar bisa mengendalikan nafsu makan.

Biji markisa juga mengandung piceatannol, yaitu zat yang berhubungan dengan penurunan tekanan darah dan peningkatan sensitivitas insulin pada pria yang kelebihan berat badan.

5. Kiwi
Kiwi merupakan buah yang memiliki pola dan warna yang cantik. Faktanya kiwi merupakan sumber vitamin C, vitamin K, folat, dan serat yang sangat baik serta memiliki manfaat kesehatan yang beragam.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 41 orang penderita pra diabetes makan dua buah kiwi emas setiap hari selama 12 minggu.

Mereka mengalami kadar vitamin C yang lebih tinggi, penurunan tekanan darah, dan pengurangan lingkar pinggang sebesar 1,2 inci (3,1 sentimeter).

Kiwi memiliki GI yang rendah, jadi meskipun mengandung gula, namun pengelolaan gula dalam tubuh mejadi lebih lambat, sehingga kenaikan gula darah tubuh lebih kecil.

6. Buah beri
Buah beri merupakan buah sebagai sumber nutrisi yang rendah kalori, juga banyak disukai.

Selain rendah kalori, makan buah beri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan peradangan.

Anda dapat makan buah beri dengan cara ditambahkan ke oatmeal atau yoghurt untuk sarapan, atau diolah menjadi smoothie.

7. Alpukat
Orang yang makan alpukat cenderung memiliki berat badan lebih ringan dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Meskipun kandungan lemaknya tinggi, alpukat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan 51 orang dengan kelebihan berat badan mengikuti diet rendah kalori, dilakukan dengan satu buah alpukat per hari selama 12 minggu.

Penelitian tersebut menghasilkan kelompok yang mengalami penurunan berat badan signifikan, menunjukkan bahwa alpukat adalah pilihan cerdas bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Alpukat bisa digunakan sebagai pengganti mentega atau margarin pada roti dan roti panggang. Anda juga bisa menambahkannya ke salad, smoothie, atau saus.

Itulah 7 buah untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda coba di rumah. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami