search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Keyakinan Konsumen Bali Terjaga di Tengah Peningkatan Kunjungan Wisatawan
Kamis, 15 Agustus 2024, 12:55 WITA Follow
image

beritabali/ist/Keyakinan Konsumen Bali Terjaga di Tengah Peningkatan Kunjungan Wisatawan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) untuk bulan Juli 2024 menunjukkan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Provinsi Bali tetap optimis, meskipun mengalami sedikit penurunan dari bulan sebelumnya. 

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Bali tercatat sebesar 138,58, sedikit menurun dari 140,00 pada bulan Juni, namun tetap berada pada level optimis di atas angka 100.

Penurunan ringan ini sejalan dengan penurunan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) nasional yang tercatat sebesar 123,4, turun sedikit dari 123,3 pada bulan sebelumnya. Meskipun demikian, IKK nasional juga tetap berada dalam zona optimis.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, menjelaskan bahwa keyakinan konsumen di Bali dipengaruhi oleh capaian positif pada Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Kinerja IKE, yang mencakup berbagai komponen, menunjukkan hasil yang positif dengan Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Saat Ini naik sebesar 1,42% dari 141,00 menjadi 143,00. Selain itu, Indeks Konsumsi Barang Kebutuhan Tahan Lama Saat Ini juga meningkat 0,43% menjadi 116,00.

Namun, ada penurunan dalam Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), dengan penurunan sebesar -1,46% dari 148,50 menjadi 146,33. Penurunan ini terutama dipengaruhi oleh penurunan dalam Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha untuk enam bulan mendatang.

“Walaupun terdapat penurunan pada beberapa komponen IEK, secara umum capaian ini masih berada dalam zona optimis,” jelas Erwin Soeriadimadja.

Keyakinan konsumen yang tetap terjaga berpotensi mendukung pertumbuhan konsumsi rumah tangga, investasi, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi Bali. Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Bali melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan terus berkoordinasi untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga komoditas, serta mengendalikan inflasi agar tetap dalam rentang target 2,5% ±1%.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami