search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Penyakit Apa Saja Yang Bisa Disembuhkan dengan Minum Air Kelapa?
Rabu, 4 September 2024, 12:57 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Penyakit Apa Saja Yang Bisa Disembuhkan dengan Minum Air Kelapa?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Air kelapa disebut punya banyak manfaat untuk kesehatan. Lantas penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan minum air kelapa?

Air kelapa memang menyegarkan, apalagi diminum saat cuaca panas. Sensasi segar dan manis bisa membuat dahaga hilang seketika.

Selain menghidrasi, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Mengutip WebMD, meski rasanya manis, tapi kelapa rendah gula dan kalori.

Kelapa juga mengandung elektrolit serta mineral yang cukup tinggi. Karena itu, banyak atlet yang mengonsumsi air kelapa.

Minuman ini juga disebut bisa jadi obat alami bagi sejumlah masalah kesehatan.

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan air kelapa

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan dengan minum air kelapa.

1. Diare
Melansir VNExpress, Huynh Tan Vu, dokter dari University of Medicine and Pharmacy di Ho Chi Minh City, Departemen Pengobatan Tradisional mengatakan, air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang mirip dengan cairan sel manusia.

Kandungan inilah yang membuat air kelapa dimanfaatkan untuk mengobati pasien yang menderita diare.

Anak-anak yang mengalami diare dianjurkan untuk minum air kelapa yang dicampur dengan garam.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kalium dalam air kelapa juga membantu mengontrol tekanan darah normal dengan cara mengimbangi efek natrium yang cenderung meningkatkan tekanan darah pada tubuh.

Mengutip Siloam Hospitals, konsumsi air kelapa yang kaya akan kalium juga bermanfaat dalam merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Selain itu, manfaat kalium lainnya adalah untuk mengatur irama dan pompa jantung, mendukung aktivitas listrik saraf, mengendalikan kontraksi otot dan metabolisme sel, sekaligus menjaga keseimbangan elektrolit.

3. Sembelit
Kandungan mangan pada air kelapa juga berguna untuk melancarkan buang air besar.

Selain mengurangi rasa tidak nyaman saluran pencernaan, air kelapa juga dapat mengatasi sembelit dan perut kembung.

4. Mengatasi morning sickness
Menukil Medical News Today, elektrolit dalam air kelapa bisa mengganti cairan yang hilang selama mual di pagi hari yang dialami ibu hamil.

Selain itu, nutrisi di dalam air kelapa dapat bermanfaat bagi perkembangan janin.

5. Mengatasi jerawat dan kulit kering
Melansir berbagai sumber, minum air kelapa dapat mengatasi kulit kering dan kulit berjerawat karena kandungan anti mikroba yang dimilikinya jika dioleskan langsung pada kulit.

Sejumlah ahli juga percaya bahwa air kelapa juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit meskipun penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih diperlukan.

Itulah sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan dengan minum air kelapa. Ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami