search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kebocoran Data SIM, Ini Kata Badan Siber dan Sandi Negara
Kamis, 8 September 2022, 15:43 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kebocoran Data SIM, Ini Kata Badan Siber dan Sandi Negara.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Badan Siber dan Sandi Negara menanggapi kasus kebocoran data 1,3 miliar data SIM dengan ukuran 87 GB.

Wakil Kepala BSSN Komjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si. mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan identifikasi dan deteksi pada National Security Operation Center yang memantau trafik terhadap serangan hacker pada beberapa istansi atau lembaga pemerintah 24 jam nonstop.

"Masih diselidiki BIN (Badan Intelijen Negara) terkait sejauh mana. Pihak terkait sudah bekerja, marak terjadinya kebocoran data, kita prihatin. BSSN tetap melakukan tugas untuk memberi notifikasi, termasuk hari ini dengan kegiatan sosialisasi Perpres IIV untuk mencegah maraknya kebocoran data di lingkungan Kementrian lembaga," ungkapnya, Kamis, 8 September 2022 di Nusa Dua, Badung.

Selama ini, BSSN kerap memberi notifikasi atau semacam peringatan kepada Kementrian atau lembaga terkait jika ada potensi terjadi gangguan siber. Namun, sejauh ini, menurutnya perlu upaya kolaborasi dan koordinasi agar pengamanan infrastruktur informasi vital (IIV) bisa terjaga.

Sebelumnya, diketahui selain data SIM card, juga terjadi dugaan kebocoran data PLN yang menyangkut 17 juta pelanggan terjadi pada 19 Agustus, lalu dugaan kebocoran data IndiHome pada 21 Agustus.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami