search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
3 Sapi di Tabanan Positif PMK Dipotong, Daging Bisa Dikonsumsi
Rabu, 27 Juli 2022, 09:31 WITA Follow
image

beritabali/ist/3 Sapi di Tabanan Positif PMK Dipotong, Daging Bisa Dikonsumsi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Tiga ekor sapi di Desa Demung, Kecamatan Kediri pada Selasa, (26/7) dinyatakan positif terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) hingga langsung dipotong bersyarat sesuai dengan standar operasional prosedur dari Dinas Pertanian. 

Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia menyebutkan, langkah yang diambil pihaknya dengan mengintensifkan vaksinasi dan penyemprotan kandang. 

“Kami sudah ajukan penambahan vaksin, kali ini meminta ke pusat,” ujarnya Selasa, (26/7). 

Guna memutus penyebaran PMK di Tabanan, tiga ekor sapi yang positif PMK itu langsung dipotong bersyarat sesuai SOP. Bagian kepala, ekor, jeroan dan tulang kaki dimusnahkan atau dikubur, sedangkan daging bisa dikonsumsi. 

“Hasil lab Balai Besar Veteriner Denpasar kami terima Senin (25/7) malam,” ujarnya.

Subagia menduga munculnya kasus PMK pada sapi di Desa Demung disebabkan oleh lokasinya yang berbatasan dengan kabupaten lain yang terlebih dahulu terdampak PMK. Sebab, penyebaran virus tersebut tidak hanya dipicu perdagangan ternak yang saat ini sudah dibatasi, tapi juga bisa melalui udara dengan jangkaun hingga radius 10 kilometer. 

Subagia menerangkan, hampir semua sapi yang ada di Desa Demung sudah divaksinasi PMK sehingga diharapkan kasus tidak menyebar ke daerah lain. Meski begitu sebagai upaya pencegahan, pihaknya akan menggenjot pelaksanaan vaksinasi di daerah-daerah yang belum terjangkau. Tabanan saat ini sudah menerima 5.00 dosis vaksin PMK. 

Sementara jumlah populasi sapi mencapai 39.329 ekor. Belum lagi populasi kerbau, babi dan kambing yang jumlahnya juga cukup banyak. 

Dinas Pertanian Tabanan sudah menggunakan 3.374 dosis vaksin PMK. Kecamatan Baturiti disalurkan 800 dosis, Marga 1.100 dosis, Kediri 574 dosis, Selemadeg Timur 21 dosis, Selemadeg 656 dosis, Selemadeg Barat 185 dosis dan Kecamatan Pupuan 38 dosis.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami