search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
30 Remaja Disabilitas Ikuti Upacara Metatah Massal Gratis
Rabu, 17 April 2024, 15:53 WITA Follow
image

beritabali/ist/30 Remaja Disabilitas Ikuti Upacara Metatah Massal Gratis.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Sebanyak 30 remaja penyandang disabilitas mengikuti ritual metatah (potong gigi) massal secara gratis. Metatah digelar di Taman Prakerti Bhuana, Gianyar, bekerjasama dengan Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali.

Remaja yang metatah itu dari disabilitas fisik hingga tunagrahita. Ritual metatah bermakna menghilangkan sad ripu (6 sifat buruk manusia) saat mulai beranjak dewasa dalam agama Hindu).

Pemilik Taman Prakerti Buana, Ida Bagus Mangku Adi Supartha mengatakan, prosesi metatah khusus disabilitas ini, bermula dari beberapa permintaan orang tua yang memiliki anaknya berkebutuhan khusus.

"Metatah massal khusus penyandang disabilitas ini memang baru pertama kali digelar di TPB. Namun demikian, sejak berdiri TPB sudah sangat sering menggelar program massal, seperti bayuh oton, menek kelih, dan lain-lain secara cuma-cuma," ujarnya.

Dikatakan, program kali ini untuk membantu orang tua yang punya anak disabilitas terbentur biaya. "Metatah massal khusus penyandang disabilitas ini merupakan bagian dari pelayanan umat. Sebelumnya, kami telah menjalin komunikasi dengan Yayasan Peduli Kemanusiaan (YPK) Bali," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa tak ada yang lebih indah ketika bisa membantu yang memerlukan bantuan. "Tiap orang punya cerita masing-masing dalam hati antara sedih dan gembira," jelasnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Panitia Penyelengara, tim Sangging (pemotong gigi) dari TPB hingga Pemuput karya (sulinggih) maupun keluarga dan relawan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami