search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata
Selasa, 23 Agustus 2022, 10:27 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Mata merupakan bagian dari panca indera yang harus selalu dijaga. Apalagi seiring bertambahnya usia, kemampuan mata untuk melihat akan semakin menurun.

Mengutip Times of India, ada lima hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, di antaranya sebagai berikut:

1. Konsumsi Mikronutrien

Mikronutrien atau zat gizi mikro vitamin A, C, E, seng, asam lemak omega 3, dan serat, sangat ampuh untuk mencegah penurunan sel di makula, yakni organ pelindung mata yang membantu melihat jelas.

Pastikan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, makanan laut dan rempah-rempah kaya nutrisi untuk melindungi fungsi organ mata.

2. Memperoleh Karotenoid

Karotenoid atau senyawa kimia yang memberikan warna alami pada buah dan sayur biasanya tersedia di makanan mengandung pewarna alami seperti sayuran hijau, wortel, bahkan pada kuning terlur.

Zat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan pigmen atau pewarna pada mata, sehingga refleksi warna dari benda bisa dilihat dengan jelas.

3. Rutin Latihan Fisik

Latihan fisik tidak hanya ampuh menurunkan berat badan, tapi juga ampuh menurunkan risiko kesehatan seperti retinopati diabetik yang bisa mengancam pengelihatan.

Retinopati diabetik adalah gangguan yang terjadi pada penderita diabetes. Gangguan ini bisa membuat penderitanya tidak mampu melihat dengan jelas.

4. Gunakan Kacamata

Melihat layar gadget terus menurut bisa membuat mata menjadi tegang, dan menggunakan kacamata bisa sangat membantu mencegah mata mengalami degrdasi lebih lanjut.

Bahkan meskipun tidak sedang bekerja, sebaiknya gunakan kacamata secara rutin, termasuk saat berolahraga. Kacamata anti UV bisa melindungi mata dari pancaran sinar matahari yang bisa merusak mata.

5. Terapkan Konsep 20-20-20

Bukan sembarang angka, ini adalah aturan yang membantu mata beristirahat di sela-sela aktivitas mencegah mata yang tegang. Aturan ini dilakukan dengan setiap 20 menit setelah menatap layar, alihkan mata untuk memandang kejauhan selama 20 detik. 

Selanjutnya bisa kembali menatap layar atau buku.(sumber: suara.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami