search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
8 Desainer Indonesia yang Karyanya Dipakai Selebriti Dunia
Senin, 10 Oktober 2022, 16:46 WITA Follow
image

bbn/Wolipop.detik.com/8 Desainer Indonesia yang Karyanya Dipakai Selebriti Dunia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ada banyak karya desainer Indonesia yang dipakai musisi atau penyanyi papan atas dunia untuk tampil di panggung maupun menghadiri acara penting lainnya. Hal ini membuktikan bahwa dunia mode Indonesia tidak bisa dianggap enteng lagi.

Gelaran Jakarta Fashion Week 2023 di Pondok Indah Mall 3 pada 24-30 Oktober mendatang pun akan dipenuhi deretan desainer Indonesia ternama, mumpuni, dan memiliki talenta luar biasa dalam menciptakan karya-karya kelas dunia.

Nah, siapa sajakah desainer fashion Indonesia yang karyanya pernah dipakai untuk manggung oleh musisi atau penyanyi Internasional? Dirangkum dari siaran pers Jakarta Fashion Week 2023, berikut beberapa di antaranya.

1. Harry Halim

Berawal dari kesukaannya akan dunia seni grafis dan fotografi, Harry Halim kini menjadi desainer fashion ternama yang sukses wara-wiri di Asia dan Eropa. Harry Halim adalah desainer Indonesia pertama yang mendapat kesempatan untuk memamerkan karyanya di gelaran fashion bergengsi Paris Fashion Week 2012.

Karya Harry Halim hingga saat ini telah dipakai oleh banyak penyanyi internasional, mulai dari Alesha Dixon, Beberexha, Dua Lupa, hingga Cardi B. Terbaru, karyanya dikenakan oleh CL atau Lee Chae-rin, penyanyi dan rapper, member 2NE1 di panggung We The Fest 2022.

2. Rinaldy A. Yunardi

Desainer yang kerap dipanggil Yungyung ini tidak memiliki pendidikan desain formal. Ia memulai kariernya pada tahun 1996 dengan merancang tiara pernikahan. Dari situlah, ia melebarkan sayapnya untuk menjadi perancang aksesori hingga meraih kesuksesan besar.

Karya Rinaldy A. Yunardi kini telah banyak dipakai oleh selebriti dunia untuk berbagai acara serta pemotretan, mulai dari Lady Gaga, Nicki Minaj, Mariah Carey, Gal Gadot, Chloe Bailey, Carrie Underwood, hingga Kelly Rowland. Terbaru, Christina Aguilera menggunakan headpieces karya Yungyung pada konser di UK.

3. Sebastian Gunawan

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Instituto Artistico Dell Abbigliamento Marangoni, Milano, Italia, Sebastian kembali ke Indonesia dan meluncurkan rancangan gaun-gaun mewahnya. Karyanya sudah banyak dikenakan oleh selebriti Internasional, salah satunya penyanyi Kesha.

Paling baru, karya Seba dikenakan aktris muda asal Amerika, Xochitl Gomez, pemeran America Chavez dalam film Marvel Cinematic Universe Doctor Strange in the Multiverse of Madness saat Hispanic Arts 2022 Horizon Awards.

4. Cynthia Tan

Ada yang sempat menonton konser Westlife di Indonesia akhir September kemarin? Karya desainer Indonesia, Cynthia Tan mengisi panggung Westlife di bawah nama Claire’s Attelier. Personel boy band yang eksis sejak 90-an mengenakan padanan monokromatis hitam-putih rancangan desainer muda kelahiran 1991 ini.

Sebelumnya, Cynthia juga mendesain vest untuk Calum Scott saat mengadakan konser di Jakarta pada 2018. Ia menggunakan bahan tenun NTT untuk Calum Scott.

5. Mety Choa

Nama desainer asal Indonesia ini melambung pada masa pandemi lantaran karyanya dipakai oleh Lady Gaga. Penyanyi Bad Romance ini mengenakan metallic mesh mask besutan Mety Choa di bawah atelier Maison Met saat ajang MTV Video Music Awards 2020.

Sebelumnya, hasil karya desainer couture asal Jambi ini juga menjadi pilihan selebritas papan atas lainnya, termasuk Gwen Stefani, Anggun C. Sasmi, Gigi Hadid, Kat Graham, dan Rose Bertram.

6. Diana Putri

Desainer asal Surabaya ini menjadi sorotan saat rancangannya digunakan member BLACKPINK dalam video musik berjudul Shut Down. Diana mengatakan, YG Entertainment sebagai agensi yang menaungi BLACKPINK membuat permintaan mendadak agar pakaian bisa tiba dalam enam hari di Korea Selatan. Rancangan untuk grup musik ini menggunakan taburan swarovski dan mutiara mewah.

Sebelumnya, nama Diana Putri sudah melambung saat karyanya berupa two pieces mini dress berwarna emas dikenakan Ariana Grande. Karyanya juga pernah dipakai Nicki Minaj dalam video klipnya.

7. Jeffry Tan

Karya Jeffry Tan bertajuk Deconstructive Dress pernah dipakai oleh penyanyi internasional berdarah Indonesia, Anggun C. Sasmi, dalam Asia’s Got Talent. Musisi Carrie Underwood juga pernah memilih mengenakan karya Jeffry saat membawakan single berjudul Smoke Break. Tuxedo jumpsuit yang menjadi karya khas Jeffry pun muncul di video musik Kylie Minogue.

8. Anne Avantie

Desainer asal Semarang ini populer dengan koleksi kebayanya yang memiliki garis kontemporer dan kaya detail mewah. Karya-karya Anne Avantie telah terkenal di skala Internasional.

Rancangan desainer yang memulai kariernya sejak 1989 ini mendapat perhatian saat Agnez Mo mengenakan rancangan kemben serta robe bernuansa batiknya dalam video musik bertajuk As long as I Get Paid.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami