search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cegah DBD, Dinkes Lakukan Fogging Selektif di Desa Manukaya Tampaksiring
Kamis, 28 Maret 2024, 19:51 WITA Follow
image

beritabali/ist/Cegah DBD, Dinkes Lakukan Fogging Selektif di Desa Manukaya Tampaksiring.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Tampaksiring menggelar fogging di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring. Upaya bersama Babinsa dan petugas desa lainnya dilakukan secara selektif karena di desa itu sempat ada warga yang terserang nyamuk.

Fogging menyasar wilayah Banjar Manukaya Anyar dan Banjar Basangambu. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiat pengasapan/Fogging yang menggunakan bahan insektisida tersebut adalah untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Kegiatan Fogging yang dilakukan merupakan permulaan kegiatan pencegahan yang dapat sangat membantu menurunkan kepadatan nyamuk Aedes aegypti sebagi nyamuk yang bisa menularkan penyakit DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, Ni Nyoman Ariyuni, menyatakan kasus demam berdarah cukup besar. Pada Januari 2024 sebanyak 294 dan Februari 2024 sebanyak 266. Kemudian pada 1-14 Maret 2024 sebanyak 116 kasus.

"Kami harapkan masyarakat waspada. Penularan terjadi dari mobilisasi penduduk dan transportasi yang cepat," jelas dia. 

Ariyuni mengajak masyarakat untuk mencegah dengan pola hidup sehat. Dari kebersihan lingkungan hingga kebugaran tubuh agar dijaga. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami