search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
[Cek Fakta]: Viral Isu Bumi Gelap 3 Hari Mulai 8 April, Benarkah?
Jumat, 29 Maret 2024, 14:26 WITA Follow
image

bbn/Kominfo/[Cek Fakta]: Viral Isu Bumi Gelap 3 Hari Mulai 8 April, Benarkah?.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Penjelasan :

Sebuah unggahan di media sosial TikTok memperlihatkan video yang mengklaim bahwa bumi akan mengalami kegelapan selama 72 jam atau 3 hari mulai dari tanggal 8 April 2024 akibat dari fenomena bumi yang akan melewati "Sabuk Foton".

Cek Fakta: 

Faktanya, Ahli Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah keliru, termasuk juga istilah Photon Belt atau Sabuk Foton yang tidak diakui dalam ilmu sains. 

Lebih lanjut, Thomas menyebut fenomena yang justru akan terjadi pada 8 April 2024 mendatang merupakan gerhana matahari cincin yang akan dirasakan di beberapa negara yang diantaranya adalah Kanada dan Amerika Serikat. Saat gerhana matahari cincin puncak hanya mengakibatkan minimnya cahaya. Namun, dalam tempo sementara. 

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menepis isu bumi akan gelap selama 3 hari mulai 8 April 2024 yang viral di media sosial. Informasi tersebut dinilai tidak benar. 

“Sobat BMKG tidak perlu khawatir, berita simpang siur yang mengatakan bumi akan menjadi gelap selama 3 hari mulai 8 April 2024 merupakan info yang tidak benar,” kata BMKG lewat akun media sosial resminya, Jumat (29/3/2024). 

BMKG menjelaskan pada 8 April 2024 akan terjadi gerhana matahari total. Akan tetapi wilayah Indonesia tidak akan dilewati oleh jalur totalitas gerhana matahari. Sehingga gerhana tidak dapat diamati di Indonesia. Durasi gerhana terjadi selama beberapa jam. 

“Gerhana matahari total terjadi pada tanggal 8 April 2024. Gerhana tersebut tidak dapat dilihat dari wilayah Indonesia,” jelas BMKG. 

BMKG mengatakan durasi totalitas terpanjang adalah selama 4 menit 26 detik. Gerhana dapat dilihat di Amerika Utara, Amerika Serikat, dengan alur gerhana total melalui Meksiko, Amerika Serikat bagian tengah dan Kanada bagian timur.

Proses global fase gerhana matahari total adalah sebagai berikut: Gerhana sebagian mulai di lokasi awal 15:42:15 UT 

Gerhana total mulai di lokasi awal 16:38:52 UT 

Puncak gerhana 18:17:21 UT 

Gerhana total berakhir di lokasi akhir 19:55:35 UT 

Gerhana sebagian berakhir di lokasi akhir 20:52:19 UT

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

https://sumselupdate.com/cek-fakta-hoaks-video-bumi-akan-gelap-tiga-hari-mulai-8-april-2024/
https://www.inews.id/news/nasional/bmkg-soal-isu-bumi-gelap-selama-3-hari-mulai-8-april-2024-tidak-benar?

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami