search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dana Hibah Parpol di Karangasem Naik 73 Persen
Rabu, 19 Juli 2023, 13:17 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Dana Hibah Parpol di Karangasem Naik 73 Persen.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Dana hibah untuk Partai Politik yang memiliki kursi di Kabupaten Karangasem untuk tahun 2023 telah dicairkan dengan nominal bantuan sekitar Rp1.3 Miliar.

Hibah keuangan untuk partai politik tahun 2023 ini naik sekitar 70 persen dibandingkan hibah keuangan pada tahun 2022. Dimana dari Rp2.886 per suara kini naik menjadi Rp.5.000 per suara atau naik sebesar Rp2.114 per suaranya.

“Meningkat 73 persen, per suara menjadi Rp5 ribu, meski meningkat tetapi hibah bantuan keuangan Parpol di Karangasem masih terbilang paling kecil di Bali,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Karangasem, I Wayan Sutapa dikonfirmasi, Selasa (18/7/2023).

Menurutnya, pemberian hibah bantuan keuangan partai politik tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.77 Tahun 2006. Dimana nominal bantuannya tergantung Kabupaten /Kota bersangkutan. 

Adapun peruntukan bantuan keuangan partai politik ini, 51 persen diantaranya digunakan untuk pendidikan politik. Sedangkan sisanya bisa digunakan untuk operasional atau sekretariat parpol. 

Untuk diketahui, ada 8 Parpol yang diberikan bantuan keuangan diantaranya PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem,  Gerindra,  Demokrat,  Hanura, Perindo, dan terakhir PKS. 

Sebagai perbandingan, pada tahun 2022 partai politik yang paling banyak mendapat bantuan keuangan dari pemerintah daerah adalah PDI Perjuangan sebesar Rp.219 juta lebih dengan memperoleh suara sah sebanyak 75.944.

Disusul Partai Golkar sebesar Rp.166 juta dengan suara sah sebanyak 57.738 dan posisi ketiga ada Partai Nasdem mendapat bantuan keuangan sebesatr Rp.156 juta dengan suara sah sebanyak 54.190 suara. Sementara parpol sisanya rata - rata mendapatkan bantuan di bawah Rp100 juta.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami