search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Desa Sidan Gianyar Bidik Perluas Pertanian Organik Mencapai 100 Hektare
Selasa, 6 Juni 2023, 14:54 WITA Follow
image

beritabali/ist/Desa Sidan Gianyar Bidik Perluas Pertanian Organik Mencapai 100 Hektare.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Sistem Pertanian Terpadu, Pertanian Organik di desa Sidan Gianyar, kecamatan Gianyar yang dimulai 2020 tergolong sukses. Kepala Desa Sidan, Made Sukra Suyasa, berencana memperluas pola tanam organik.

Dua tahun mengembangkan organik sejak 2020, sudah kian meluas. Sidan banyak mendampingi desa di Gianyar dan luar Gianyar. “Kami memberikan aplikasi. Bagaimana membuat pupuk sendiri,” jelasnya.

Di Sidan kini ada 40 hektare lahan pertanian organik. “Mudah-mudahan 2025 mencapai 100 hektare,” harap dia. 

Dengan cakupan 40 hektare berbekal komitmen, desa Sidan kini banyak dikunjungi desa di luar Bali. “Kunjungan ini beberapa kali dari luar daerah. Kami apresiasi, Sidan menjadi percontohan, kami dengan senang hati menerima, kami ajak bertani organik,” ujarnya.

Dikatakannya, kunjungan ke Sidan dari desa Klampok, Gresik, Jawa Timur, tertarik melihat Sidan yang berhasil mengembangkan pertanian organik. “Mereka belajar ke Sidan. Harapannya, kades dari Gresik belajar dan kembangkan sekaligus edukasi petani,” ujarnya.

Sementara itu, Haji Darman, Kepala Desa Klampok, mengaku Sidan sudah dikenal sampai Gresik denhan pertanian organik. “Maka kami studi tiru di Sidan,” ujarnya.

Pihaknya akan mengaplikasikan pertanian organik di Gresik. “Yang menarik, pertanian organik, bisa dikemas online dan ditangani Bumdes. Organik amat penting, karena hasil panen memuaskan,” ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami