search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jepang Dihantam Topan Lan, 240 Ribu Warga Diminta Evakuasi
Rabu, 16 Agustus 2023, 00:15 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Jepang Dihantam Topan Lan, 240 Ribu Warga Diminta Evakuasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jepang memerintahkan sekitar 240 ribu warga untuk evakuasi ke tempat aman setelah Topan Lan menghantam negara itu, Selasa (15/8).

Reuters melaporkan Topan Lan tiba di ujung selatan Prefektur Wakayama, wilayah yang terletak 400 kilometer barat daya Tokyo, usai berembus dari Samudra Pasifik.

Topan ini membawa hujan lebat dan angin kencang di sebagian besar kawasan pusat dan barat Jepang.

Sejumlah tayangan televisi menunjukkan sungai dengan aliran deras dan meluap-luap kala topan datang.

Reuters melaporkan hampir 900 penerbangan juga dibatalkan imbas Topan Lan. Beberapa jalanan juga terpaksa ditutup karena hujan deras dan angin kencang yang berbahaya.

Tak hanya itu, puluhan layanan kereta api juga terpaksa dihentikan sementara.

Di Kota Nara, rumah-rumah dan bisnis rusak akibat terjangan air. Beberapa orang tertiup angin kencang hingga terluka.

Listrik di rumah-rumah di wilayah pusat dan barat pun padam akibat topan. Beberapa pertokoan juga ditutup dengan alasan keamanan.

Pihak berwenang sejauh ini telah mengeluarkan peringatan untuk banjir, tanah longsor, dan beberapa tornado menyusul Topan Lan.

Badan Penanggulangan Bencana menyatakan otoritas telah mendirikan pusat evakuasi di gedung-gedung yang aman dan dataran tinggi bagi warga di 11 prefektur guna mengantisipasi topan ini.

Selama 24 jam mendatang, wilayah pusat Tokai juga diperkirakan dilanda hujan dengan intensitas 350 milimeter. Ini hampir tiga kali lipat dari rata-rata curah hujan pada umumnya di Bulan Agustus.

Topan Lan adalah angin yang punya kecepatan sebesar 150 kilometer per jam dan bergerak ke barat laut melintasi barat Pulau Honshu dengan kecepatan sekitar 15 kilometer per jam.

Menurut badan cuaca Jepang, Topan Lan diperkirakan akan mencapai Laut Jepang pada Rabu pagi dan bergerak menuju wilayah utara.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami