search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jules Rimet, Eks Presiden FIFA yang Namanya Diabadikan Jadi Trofi Piala Dunia
Selasa, 15 November 2022, 16:31 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Jules Rimet, Eks Presiden FIFA yang Namanya Diabadikan Jadi Trofi Piala Dunia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jules Rimet jadi salah satu nama yang paling banyak disebut-sebut tiap kali Piala Dunia berlangsung. Siapa sih dia? dan bagaimana kisahnya bisa jadi nama trofi ajang sepak bola empat tahunan itu? Simak artikelnya.

Lima hari jelang kick-off Piala Dunia 2022 di Qatar, kisah-kisah seputar ajang sepak bola terakbar itu semakin banyak digaungkan. Salah satu yang paling menarik untuk dibahas adalah Jules Rimet.

Jules Rimet merupakan nama mantan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) ke-3. Dia adalah tokoh sepak bola dari Prancis.

Bukan tanpa alasan mengapa nama Jules Rimet bisa diabadikan sebagai nama trofi Piala Dunia. Pria yang lahir pada 14 Oktober 1873 itu punya banyak jasa untuk Piala Dunia.

Jules Rimet yang merupakan Presiden FIFA terlama (1921-1954), adalah orang yang mengusulkan terselenggaranya Piala Dunia.

Inisiasi sosok yang juga sempat menjabat Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) itu terwujud setelah Perang Dunia I. Piala Dunia bergulir pertama kali pada 1930 di Uruguay.

Pada awalnya, trofi Piala Dunia belum bernama Jules Rimet. Bentuknya juga tidak seperti sekarang. Trofi pertama untuk Piala Dunia dipahat oleh Abel Lafleur, saat itu berwujud dewi Yunani yang melambangkan kemenangan.

Memiliki tinggi sekitar 3,8 meter dengan berat saat itu 6,1 kg dan terbuat dari emas 18 karat serta perak. Trofi ini awalnya dinamai Victory, namun pada 1946 diganti menjadi Jules Rimet dengan alasan untuk menghormati mantan Presiden FIFA itu.

Setelah 10 tahun dari pergantian nama itu, Jules Rimet meninggal dunia pada 1956 di Prancis, hanya dua hari berselang ulang tahunnya yang ke-83.

Trofi Jules Rimet bertahan hingga 1970 tepat saat Brasil meraih gelar juara dan barulah pada 1974 FIFA memperkenalkan desain baru trofi Piala Dunia rancangan Silvio Gaazaniga.

Menariknya trofi asli Jules Rimet hingga saat ini tidak diketahui keberadaannya, setelah pada 1983 raib dicuri. Karena itulah nama Jules Rimet menjadi yang paling sering disebut saat Piala Dunia.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami